Perempuan Pertama Jabat Sekda Gowa, Perjalanan Karier Kamsinah Dimulai dari Penyuluh KB

Jumat, 22 April 2022 | 23:45 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Kamsinah menjadi sosok perempuan pertama yang berhasil menduduki jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa.

Kamsinah resmi dilantik beberapa bulan lalu oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan setelah hampir 1,5 tahun menjadi pelaksana tugas Sekda Gowa.

Perjalanan karier Kamsinah hingga bisa menduduki posisi penting di Pemkab Gowa ini lahir dari sebuah perjuangan dan kerja keras.

Kamsinah berkarier mulai dari bawah. Dia awalnya hanya menjadi seorang penyuluh Keluarga Berencana (KB) di Kabupaten Bantaeng.

“Saya beranjak dari bawah, tidak instan. Saya dulu seorang penyuluh KB, dari situ saya memulai bergelut dengan masyarakat,” ujarnya saat ditemui media belum lama ini.

Berawal dari seorang penyuluh KB inilah, Kamsinah kemudian mendapatkan tanggungjawab yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Setelah menjalani tugas sebagai penyuluh KB, Kamsinah memulai karir di bidang pemerintahan pada tahun 2003.

Waktu itu dia menjabat sebagai Lurah Batang Kaluku, Kecamatan Somba Opu. Kemudian pada 2006 hingga 2009 atau selama empat tahun menjadi Camat Biringbulu, dan 2019 dirinya memegang amanah sebagai Camat Pallangga.

“Dari penyuluh KB ini kemudian saya naik menjadi lurah. Setelah jadi lurah saya diamanahkan lagi menjadi camat selama 11 tahun di dua kecamatan. Semua jabatan saya ini memang bersentuhan langsung dengan masyarakat, berhadapan dengan masyarakat itu juga tidak semudah membalikkan telapak tangan karena keberagaman mereka. Dari situ saya banyak belajar,” kenang Kamsinah.

Jabatan yang berhasil dicapai seorang Kamsinah tak sampai disitu, pada 2017 dirinya diamanahkan sebagai Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten Gowa, pada 2019 lalu berhasil menjabat Inspektur Inspektorat Kabupaten Gowa.

Kemudian pada 2020, alumnus Pascasarjana STIEM Bongaya Ujung Pandang ini diamanahkan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa dan di tahun yang sama juga diamanahkan sebagai Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa selama hampir 1 tahun 5 bulan sebelum akhirnya didefinitifkan.

Kemudian, Kamsinah juga diamanahkan sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Gowa pada momen Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Gowa.

Pada seluruh jabatan yang diembannya, dirinya mengaku menerapkan teknik kepemimpinan dari pengalaman-pengalamannya di instansi berbeda yang didapatkan hingga saat ini.

Selain itu, hal utama dalam memimpin itu pula adalah memiliki prinsip, dimana perempuan saat diamanahkan sebagai pemimpin, baik lembaga, instansi dan lainnya harus memiliki komitmen, kuat, rasional dan berani.

“Memimpin itu menurut saya tidak satu teknik dipakai, kadang kita membutuhkan power, kadang juga kita harus melakukan pendekatan persuasif. Sebab karakter atau bawahan kita itu berbeda-beda, kita melihat situasi tetapi tidak boleh melawan situasi itu, makanya kita perlu banyak belajar dan disesuaikan pada perkembangan yang ada,” terang Kamsinah.(*)


BACA JUGA