FK dan IKA Unhas Bareng Pemprov Sulsel Gelar Baksos di Bone

Minggu, 14 Agustus 2022 | 22:07 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

BONE, GOSULSEL.COM – Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Hasanuddin (Unhas) turut serta dalam Bakti Sosial yang digelar Ikatan Alumni (IKA) Unhas dan Pemprov Sulawesi Selatan (Sulsel. Kegiatan berlangsung di Lapangan Bakunge, Desa Mappesangka, Kec. Ponre, Kab. Bone, Sabtu (13/08/2022).

FK Unhas berkontribusi dengan menurunkan tim medis yang melakukan pemeriksaan kesehatan gratis. Terdiri dari Departemen Obstetri Ginekologi, Departemen Ilmu Gizi Klinik, Departemen Ilmu Bedah, Departemen Ilmu Penyakit Dalam, dan Departemen Ilmu Kesehatan Mata.

Selain itu, juga melibatkan mahasiswa KKN Profesi Kesehatan dan organisasi Tim Bantuan Medis (TBM) Calcaneus FK Unhas. Tidak hanya melakukan pemeriksaan kesehatan pada warga, dalam Baksos ini juga dilaksanakan sunatan massal.

Baksos ini dihadiri Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dan Ketua Umum IKA Unhas Andi Amran Sulaiman. Turut hadir Dekan FK Unhas Prof Haerani Rasyid, Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset dan Inovasi. dr. Agussalim Bukhari, Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Keuangan dan Sumber Daya dr. Firdaus Hamid, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan Dr. dr. Andi Alfian Zainuddin, para KPS dan Dosen Departemen Obstetri Ginekologi, Departemen Ilmu Gizi Klinik, Departemen Ilmu Bedah, Departemen Ilmu Penyakit Dalam dan Departemen Ilmu Kesehatan Mata.

Menurut Prof Haerani, Baksos ini merupakan bentuk kegiatan pengabdian masyarakat. Itu sebagai salah satu tridharma perguruan tinggi yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa FK Unhas.

“Semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat di Bone dan menjadi nilai ibadah di sisi Allah SWT,” ujar Prof Haerani.

Selain tim medis dari FK Unhas, Pemprov Sulsel juga menurunkan tim medis dari sejumlah rumah sakitnya. Diantaranya, RSUD Haji, RSUD Sayang Rakyat, RSUD Labuang Baji, RSKD Dadi, RSKIA Pertiwi, RSKIA Fatimah, dan RSKGM Sulsel. (*)


BACA JUGA