PKK Gowa Gandeng FK Unhas Gelar Bakti Sosial dan Edukasi Kader Posyandu

Senin, 19 Februari 2024 | 17:34 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa bersama Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar menggelar Bakti Sosial Pengabdian Kepada Masyarakat di Kecamatan Tinggimoncong, Sabtu (17/02/2024).

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan menyambut baik program tersebut.

pt-vale-indonesia

“Saya mengapresiasi setinggi-tingginya program yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin. Semoga kita selalu bisa berkolaborasi bersama dimasa yang akan datang,” kata Priska.

Dirinya berterima kasih menjadikan Gowa sebagai lokus Bakti sosial.

“Atas nama Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa, saya mengucapkan selamat datang dan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kegiatan bakti sosial dalam rangka Dies Natalis Ke-68 Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin. Semoga kegiatan ini dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan derajat kesehatan masyarakat khususnya masyarakat di kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Program Studi Sarjana Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar, dr Fathulrachman mengatakan, kegiatan tersebut akan terus dilaksanakan setiap tahunnya.

“Jadi kegiatan kita merupakan salah satu rangkaian dari Dies Natalis Fakultas Kedokteran Unhas, selain itu juga merupakan kegiatan yang Insya Allah akan kita rutinkan dari Program Studi S1 atau Sarjana Kedokteran di Fakultas Kedokteran Unhas,” kata dr Fathul.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 (dua) hari tersebut terbagi di beberapa titik di Kecamatan Tinggimoncong. Adapun bentuk kegiatannya antara lain penyuluhan kesehatan, pemeriksaan USG gratis juga ada pemeriksaan kesehatan bayi dan anak terutama untuk skrining stunting yang dilakukan di Aula Secata Malino.

“Kemudian di Aula Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD) ini kita melakukan penyuluhan DBD, penyuluhan mengenai gizi bagi kader-kader di daerah sini, kemudian juga kita melakukan penyuluhan terkait Narkotika, Psikotropika, Dan Bahan Adiktif Lainnya (NAPZA) dan pemeriksaan hemoglobin serta pemeriksaan status gizi untuk anak-anak di salah satu MTS Muhammadiya Malino,” jelasnya.

Selain itu, para dokter juga melakukan kegiatan di salah satu pesantren di Malino, diantaranya melakukan pemeriksaan kesehatan mata, telinga, serta juga pemulihan dan melakukan juga sosialisasi penggunaan kotak obat beserta isi obat-obatnya kepada tabib, karena di sana ada tabibnya.

Kemudian sebagai Pemerintah Kecamatan sekaligus tuan rumah Baksos tersebut, Sekretaris Camat Tinggimoncong, Muh Anzhary juga sangat mengapresiasi kegiatan yang melibatkan ratusan masyarakatnya itu.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih serta apresiasi setinggi-tingginya, kita harapkan ini bukan sampai disini tapi terus berkelanjutan sehingga pemanfaatannya bisa betul-betul bermanfaat bagi masyarakat,” tuturnya.

Menurut Anzhary, kegiatan seperti itu harus dirutinkan bahkan baiknya dibuatkan agenda tahunan sebagai upaya pencegahan stunting sekaligus mengedukasi masyarakat.

“Baksos ini merupakan hal yang harus dirutinkan atau mungkin bisa kita buatkan jadwal selanjutnya karena merupakan bagian dari pencegahan stunting serta mengedukasi masyarakat terkait dengan kesehatan maupun gizi bagi masyarakat Kecamatan Tinggimoncong.

Kegiatan ini turut dihadiri Sekretaris TP PKK Kabupaten Gowa, Adriana Djamaluddin dan para pengurus PKK Kabupaten Gowa.(*)


BACA JUGA