Viral Aksi Siswa SD Panjat Tiang Bendera, Bupati Maros Bakal Beri Penghargaan

Minggu, 14 Agustus 2022 | 22:10 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAROS, GOSULSEL.COM – Aksi heroik diperlihatkan siswa SD Wanawaru. Videonya memanjat tiang bendera saat upacara hari pramuka di Lapangan Puang Kelo Mallawa viral di sosial media.

Bocah bernama Yayan Kurniawan itu memanjat tiang karena tali pengait bendera terlepas. Dari video yang beredar, terlihat Yayan memanjat tiang yang cukup tinggi. Dan dengan cekatan di saat peserta upacara masih berbaris rapi.

Secara spontan ia berlari menuju tiang saat pengait bendera terlepas. Yayan melepaskan sepatu lalu memanjat tiang setinggi belasan meter itu.

Peserta upacara dan guru berteriak dari sekeliling. Mereka meminta Yayan berhati-hati.

Video heroik inipun menarik perhatian Bupati Maros, AS Chaidir Syam. Ia mengaku akan memberikan apresiasi kepada siswa tersebut.

“Saya sudah lihat videonya. Dan itu sangat membanggakan. Insya Allah, kami akan beri reward buat siswa tersebut tersebut pada saat perayaan 17 Agustus mendatang di lapangan Pallangtikang,” ucapnya, Minggu (14/08/2022).

Mantan Ketua DPRD Maros itu pun mengaku akan mengundang khusus siswa tersebut. Itu untuk mengikuti upacara 17 Agustus di tingkat kabupaten.

“Ini adalah pahlawan kecil penyelamat kita pagi ini. Seorang anak pelajar yang menjadi penyelamat dalam upacara,” ujarnya.

Ia pun mengaku sangat bangga atas aksi heroik siswa tersebut. “Siswa tersebut adalah pahlawan untuk kita,” tutupnya.

Sementara itu, Camat Mallawa, Kamaluddin Syam mengatakan, upacara itu digelar pada pagi tadi. Upacara ini merupakan peringatan hari Pramuka ke-61 di tingkat kecamatan Mallawa.

Ia menjelaskan, kronologi kejadiannya. Di mana saat akan mengibarkan bendera, tiba-tiba Pengait bendera putus.

“Mungkin karena petugas penggerek bendera menariknya terlalu keras, makanya putus. Saat itulah Yayan berlari untuk memanjat tiang bendera dan menyambungnya untuk pengibaran,” ujarnya.

Atas aksinya tersebut, camat, Kapolsek dan BKKBN Mallawa langsung memberikan apresiasi. (*)


BACA JUGA