Mahasiswa FK UMI Makassar Raih Medali Emas di Ajang Penelitian Internasional

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 10:35 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — World Youth Invention and Innovation Award (WYIIA) 2022 merupakan salah satu ajang lomba International yang diadakan oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA). Perhelatan lomba kali ini berafiliasi dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta yang bertindak sebagai tuan rumah.

Pada kompetisi ini, tim Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (FK UMI) yang turut serta, berhasil meraih Medali Emas dalam kategori “Life Science” serta mendapatkan penghargaan khusus berupa “Doza Srekja Macedonia Special Award” dari Negara Macedonia. Hal tersebut berlangsung saat Awarding Ceremony, bertempat di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Jumat (26/08/2022) kemarin.

pt-vale-indonesia

Dalam kesempatan tersebut, Tim Mahasiswa FK UMI yang beranggotakan 3 orang, yakni Syarifah Fatimah Nissatuljannah Angkatan 2020, Andi Irma Yuniar dan Nurul Wahidah Yasid yang masing-masing berasal dari Angkatan 2019, tampil membawakan proyek penelitian dengan judul “The Potential of Sumbawa Herbal Oil Based Oleogel as Burn Wound Dressing”. Penelitian ini bertujuan untuk menggali potensi Minyak Sumbawa sebagai bahan utama dalam produk berupa Oleogel yang bermanfaat sebagai balutan luka bakar.

Dekan FK UMI, Dr. dr. Nasruddin, Sp.OG(K), MARS, M.Sc saat ditanya ihwal tersebut mengatakan sangat bersyukur atas prestasi ini. Ia mengatakan, “Hal tersebut berguna untuk mengukur kredibilitas dan kualitas Mahasiswa FK UMI. Juga tidak kalah penting akan bermanfaat untuk persiapan akreditasi FK UMI menuju unggul nantinya,” jelasnya.(*)


BACA JUGA