Pelindo Regional 4 Makassar Latih dan Sertifikasi K3 TKBM

Kamis, 27 Oktober 2022 | 08:28 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Makassar bekerja sama dengan Nusantara Traisser, menggelar Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Muda. Ditujukan bagi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) di pelabuhan.

Pelatihan K3 ini bertujuan untuk mengembangkan tenaga berbasis kompetensi guna meningkatkan efisiensi pengembangan SDM dan melakukan penerapan regulasi K3 di tempat kerja. Dan digelar di Lantai 7 Ruang Serbaguna Kantor Pelindo Regional 4, selama 4 hari, Senin sampai Kamis (24-27/10/2022).

pt-vale-indonesia

General Manager (GM) Pelindo Regional 4 Makassar, Suhadi Hamid mengatakan, pelatihan dan sertifikasi yang diberikan kepada pekerja Ahli K3 Muda di Pelindo Regional 4 ini mengacu pada Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia. Ialah Nomor Kep.42/MEN/III/2008 tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Sektor Ketenagakerjaan bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

“Ada cukup banyak manfaat yang bisa didapatkan setelah mengikuti pelatihan ini, di mana para peserta diharapkan mampu untuk antara lain, membantu pemenuhan perundangan K3 dan persyaratan lainnya, berpartisipasi dalam proses konsultasi dan komunikasi K3, melaksanakan koordinasi dan pemeliharaan sistem manajemen K3, dan menerapkan pengetahuan mengenai perundangan dan standar K3,” beber Suhadi.

Sementara itu, Division Head Pelayanan SDM dan Umum Pelindo Regional 4, Basri Alam menuturkan bahwa Pelatihan dan Sertifikasi K3 Muda bagi TKBM ini merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dan merupakan pengembangan dari CVS atau Create Share Value Perseroan. Di mana setiap perusahaan harus membentuk suatu nilai ekonomi dan nilai sosial secara bersama-sama.

“Semoga dengan Pelatihan dan Sertifikasi K3 Muda ini, para peserta yang merupakan TKBM di wilayah Pelabuhan Makassar dapat menjalankan kegiatan pelayanannya secara lebih profesional,” tuturnya.

Selain itu juga agar para TKBM dapat meningkatkan kinerjanya dari segi pelayanan jasa bongkar muat. Sehingga, dengan begitu dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat pengguna jasa dan peningkatan pendapatan jasa bongkar muat bagi Pelindo.

Untuk diketahui, Nusantara Traisser sendiri merupakan perusahaan jasa pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang berkantor pusat di Surabaya, Jawa Timur. Dan selama ini sudah banyak memberikan pelatihan K3 kepada karyawan yang ada di perusahaan-perusahaan besar baik BUMN maupun swasta.

Program ini dirancang selama 4 hari kerja dengan 3 hari pembekalan dan 1 hari uji kompetensi. Para peserta yang mengikuti pelatihan ini minimal berpendidikan SMA atau sederajat serta memiliki pengalaman kerja selama 3 tahun dibidang K3.

Bagi peserta yang telah mengikuti pelatihan juga akan diberikan Sertifikat Pelatihan dari Nusantara Traisser dan peserta yang memenuhi kriteria kompeten akan diberikan Sertifikat Profesi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi. (*)

Tags:

BACA JUGA