Djoko Sutrisno (tengah) berpose bersama Ketua PBSI Gowa dan atlet Bulu Tangkis Kabupaten Gowa/ Ist

Target Atlet Masuk Pelatnas, PBSI Gowa Datangkan Pelatih Nasional

Rabu, 18 Januari 2023 | 18:03 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Kabupaten Gowa mendatangkan pelatih nasional, Djoko Sutrisno.

Pelatih nasional itu didatangkan untuk mencapai target PBSI Gowa memasukkan atlet bulutangkis ke Pelatnas di Cipayung.

pt-vale-indonesia

Bukan tanpa sebab PBSI Gowa mendatangkan Djoko Sutrisno, pasalnya selama menjadi pelatih, Djoko Sutrisno sudah memproduksi beberapa atlet yang berkiprah di kejuaraan dunia.

Salah satunya adalah pada kejuaraan badminton di Denmark pada 1996 silam. Djoko membawa sejumlah atlet muda masa itu seperti Ronny, Ignatius, Agustinus, Rudi dan Taufik.

Pada event tersebut Ronny dan Ignatius mampu meraih juara 2 dan 3. Berlanjut pada 1998, kembali sejumlah atlet Indonesia didikan Djoko berjuang di kejuaraan dunia Australia dimana tim Indonesia mampu juara 3 setelah kalah oleh Cina.

Djoko yang sempat memperkuat tim pelatih PB Jarum Kudus selama 12 tahun dan PB Pelita Bakrie Jakarta kurang lebih 5 tahun dan PB Suryanaga Surabaya. Kemudian PB Semen Gresik Jatim, dan saat ini telah berhasil dipinang oleh PBSI Gowa dan kini sudah berada di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan untuk melatih atlet-atlet Gowa berbakat.

Djoko sendiri mengaku sangat salut dengan potensi atlet Gowa saat ini apalagi ada lima atlet asal Gowa mampu masuk Pelatnas pada tahun 2022 dan 2023 ini.

“Saya salut melihat para atlet Gowa di GOR ini. Mereka cukup potensial dan sangat semangat. Saya akan melatih mereka mulai besok dengan jadwal latihan pagi dan sore, semoga bulutangkis Gowa semakin maju ke depan,” kata Djoko kepada media belum lama ini.

Ditanya selama apa dirinya akan berada di Gowa, Djoko dengan guyonannya mengatakan keberadaannya akan tergantung kontrak dari PBSI Gowa saja.

“Kalau soal selama apa saya melatih disini yaah itu tergantung kontraknya PBSI Gowa saja dan pak ketua nih ada disini dan kami baru saja rapat bersama malam ini. Orang di Sulsel pun (PBSI Sulsel) geger nih begitu tahu saya ada di sini,” tambah Djoko.

Terkait adanya pelatih baru ini, Ketua Umum PBSI Gowa Muh Natsir Maudu mengatakan langkah ini diambil PBSI sebagai upaya menambah kuantitas atlet-atlet andalan Gowa untuk Sulsel dan untuk Indonesia di tingkat nasional.

“Alasan utama kami supaya kedepan terus ada regenerasi kita masuk di Pelatnas. Saat ini kita sudah ada lima atlet di Pelatnas, semoga dengan adanya pelatih baru kita ini, atlet kita di Pelatnas bertambah dan terus ada,” lata Natsir.

Ditanya akan berapa lama Djoko menggembleng atlet di Gowa, Natsir mengatakan untuk awal, PBSI akan mengontrak selama dua tahun.

“Kita kontrak dua tahun dulu. Setelah itu baru kita evaluasi kembali,” tukasnya.(*)

Tags:

BACA JUGA