Kepala KPPU Makassar, Hilman Pujana (pakai topi) bersama Kepala Disdag Sulsel, Andi Arwin Azis mengecek harga bahan pokok di Pasar Terong, Rabu (25/01/2023)

KPPU Makassar-Disdag Sulsel Upayakan Harga Bahan Pokok Stabil di Pasar

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:27 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kanwil VI Makassar dan Dinas Perdagangan (Disdag) Sulsel berupaya agar harga bahan pokok di pasar dapat stabil. Ia menilai harganya saat ini masih bervariasi.

Hal itu terungkap usai KPPU Makassar dan Disdag Sulsel meninjau harga bahan pokok. Keduanya mengunjungi Pasar Terong pada Rabu (25/01/2023).

pt-vale-indonesia

Kepala KPPU Makassar, Hilman Pujana mengungkapkan salah satu bahan pokok yang memiliki harga tidak stabil sejauh ini adalah minyak goreng kemasan. Pihaknya menemukan harganya melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET) dari Rp14 ribu per liter dijual Rp17 ribu.

Penyebabnya karena pasokan minyak goreng curah dari distributor yang minim. “Tentunya akan berimbas ke minyak yang kemasan, tadi saja harganya bervariasi,” ungkap Hilman.

Melihat kondisi ini, Hilman mengaku akan akan mengecek langsung jalur distribusinya. Juga meminta para pedagang untuk saat ini tidak menaikkan harga lebih tinggi.

“Kami bersama dengan pemerintah akan memperlancar distribusinya ini sehingga tidak terjadi lonjakan harga nantinya,” demikian Hilman.

Kepala Disdag Sulsel, Andi Arwin Azis mengatakan pemantauan harga bahan pokok ini akan terus dilakukan bersama pihak terkait terkhusus KPPU Makassar. Pihaknya ingin harganya tetap stabil.

“Tugas pemerintah daerah bersama pihak terkait punya kewajiban turun langsung melakukan pemantauan harga, terutama menjaga pasokan agar tidak terjadi kenaikan,” ujar Mantan Kepala Dispora Sulsel ini.

Begitu juga di saat Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN). “Kita ingin memastikan bahwa harga bahan pokok jelang HBKN itu tidak terjadi kenaikan harga yang signifikan,” tandas Arwin. (*)


BACA JUGA