Segera Dibina, Perbasasi Makassar Mulai Cari Atlet Berbakat Usia Dini

Selasa, 06 Juni 2023 | 13:42 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pengurus Cabang Perserikatan Baseball atau Softball Seluruh Indonesia (Perbasasi) Kota Makassar untuk memajukan softball, diwujudkan dalam program kerjanya. Salah satunya dengan menyiapkan program pencarian bibit atlet berbakat di usia dini.

Pencarian bibit atlet di kalangan siswa SD dan SMP baik negeri maupun swasta se-Kota Makassar ini, akan dilakukan selama periode Mei 2023 hingga Desember 2023 mendatang.

pt-vale-indonesia

Latihan bagi para siswa yang berbakat di rentang usia 10 hingga 15 tahun ini akan dilakukan secara profesional di Lapangan Karebosi Makassar. Dan gratis alias tanpa dipungut biaya.

Sosialisasi Perbasasi Kota Makassar yang mencari bibit atlet usia dini untuk Indonesia ini, disampaikan Ketua Pengcab Perbasasi Makassar yang juga Sekda Makassar, Muh Ansar. Ia didampingi Sekretaris Umum Agus Suherman, Bendahara Umum yang juga Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar Zuhaelsi Zubir dan Humas Hamka Darwis di Sekretariat Perbasasi Makassar, Selasa (6/6/2023).

Softball merupakan olahraga yang populer di luar negeri. Tetapi di Indonesia baru hanya di perkotaan. Softball ini memang sudah harusnya lebih dini diperkenalkan, baik melalui video, gambar dan ke sekolah.

Sosialisasi ini akan dilakukan ke SD dan SMP yang ada di Makassar. Target adalah siswa yang ada di SD dan SMP, baik negeri maupun swasta.

“Untuk menarik minat, maka kita perkenalkan dulu olahraga ini pada anak usia dini, yaitu siswa SD mulai kelas 4 SD dan SMP. Makassar cukup memberikan arti pada olahraga ini hingga Asia Tenggara. Bahkan kejuaraan baik nasional dan internasional juga pernah diselenggarakan di Makassar, yang pesertanya dari sejumlah negara,” jelas Muh Ansar.

Ia yang juga menambahkan bahwa pencarian bakat usia dini ini, sejalan dengan program yang dicetuskan Wali Kota Makassar, Moho Ramdhan Pomanto “One Student One Sport”.

Ditambahkan Bendahara Umum Perbasasi Kota Makassar, Zuhaelsi Zubir, pencarian bakat atlet di usia dini ini merupakan upaya kaderisasi atas olahraga ini.

“Olahraga dengan sasaran ke siswa SD dan SMP ini secara tidak langsung adalah untuk melakukan kaderisasi kepada usia dini dalam kegiatan softball. Kita tanamkan rasa ketertarikan terhadap olahraga, yang nantinya bisa menjadi kebutuhan dan akhirnya bisa dikembangkan,” ujar Zuhaelsi.

Di kesempatan yang sama, Agus Suherman selaku Sekum Perbasasi mengungkapkan, untuk program pencarian bibit atlet usia dini ini, akan menyasar 50 SMP dan 30 SD, negeri dan swasta yang ada di Kota Makassar.

Setiap sekolah, akan tim Perbasasi akan melakukan kunjungan setidaknya tiga kali untuk memperkenalkan cabang olahraga yang mulai dicetuskan di Inggris ini.

“Kita akan mulai melakukan kunjungan ke sekolah pada tanggal 13 Juni 2023. Penyampaian kepada pihak sekolah telah kita lakukan pada Mei lalu. Target kita adalah mencari atlet usia dini di tingkat SD dan SMP,” jelasnya.

“Selain siswa kita juga berharap para guru olahraga bisa ikut mengenalkan olahraga ini. Target kita lainnya adalah menjadikan olahraga ini bagian dari pembelajaran di sekolah,” tukasnya. (*)


BACA JUGA