Masyarakat Kekurangan Air Bersih, PMI Makassar Langsung Distribusikan 3000 Liter Air Bersih di 4 Titik

Selasa, 08 Agustus 2023 | 10:28 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Dalam kurun waktu sepekan cuaca terpantau cerah berawan, hal ini merupakan dampak dari fenomena alam El Nino.

El Nino merupakan fenomena alam yang mengakibatkan pemanasan muka air laut di samudra Pasifik dan berdampak sebagian wilayah Indonesia termasuk Kota Makassar merasakan dampaknya.

pt-vale-indonesia

Hal inilah yang menyebabkan beberapa wilayah di Kota Makassar kekurangan atau kekeringan air bersih.

Oleh sebab itu, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar langsung merespon cepat, dengan mendistribusikan bantuan air bersih kepada masyarakat.

Pendistribusian air bersih ini dilakukan dengan menggunakan mobil tangki yang memuat 3000 Liter air bersih dan dibagi ke 4 titik Wilayah Makassar yang terdampak kekeringan.

Adapun ke empat titik lokasi tersebut yakni Jalan Inspeksi Kanal Bara-Baraya Timur, Sungai Saddang Baru (Lr Kiri), Sungai Saddang Baru (Lr Kanan) dan Abu Bakar Lambogo (Ablam).

Dari pantauan, begitu bahagianya warga mendapatkan air bersih gratis dari PMI Makassar. Satu persatu ember pun diisi oleh relawan PMI Makassar.

Ketua PMI Makassar, Syamsu Rizal MI, mengatakan pendistribusian air bersih ini dilakukan PMI setelah menerima permintaan dari warga dan dilakukan assessment oleh relawan PMI.

“Jadi ini memang permintaan warga langsung melalui PMI Kecamatan dan kami berkordinasi dengan pemerintah setempat, dan langsung ditindak lanjuti,” ujar Deng Ical sapaan akrab Ketua PMI Makassar ini, Selasa (08/08/2023).

Lebih lanjut, Wakil Wali Kota Makassar periode 2014-2019 ini menjelaskan, dari pendistribusian air bersih ini sebanyak 110 KK dapat terlayani dengan baik.

“Alhamdulillah bantuan air bersih ini langsung disambut baik, masyarakat juga mengantri dengan tertib. Semoga bantuan air bersih ini dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat,” harapnya.(*)


BACA JUGA