Bupati Gowa Apresiasi Polri Bangun Sumur Bor di Pattallassang

Rabu, 25 Oktober 2023 | 18:04 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengapresiasi Bantuan Fasilitas Umum Sumur Bor dan Tower Air Bersih “Polisi Panrita” dari Polri bagi masyarakat di Dusun Bollangi, Desa Timbuseng, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa.

“Tentu pemerintah sangat berterima kasih atas Program Polisi Panrita ini. Alhamdulillah Pemkab Gowa akan membuat di enam titik dan memang kita tidak bisa jalan sendiri, namun dibutuhkan kerjasama dari seluruh pihak, baik dari TNI, Polri maupun masyarakat sehingga kekeringan ini bisa kita atasi bersama,” ungkapnya saat menghadiri Peresmian Sumur Bor dan Tower Air Bersih di Desa Timbuseng, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa, Rabu (25/10/2023).

pt-vale-indonesia

Adnan menyebut, tahun ini Indonesia sedang menghadapi fenomena El Nino atau puncak kekeringan, dimana berdasarkan prediksi BMKG El Nino ini akan berlangsung hingga Februari 2024. Sehingga untuk mengatasi itu berbagai upaya dilakukan agar kekeringan di masyarakat bisa sedikit teratasi.

“Kekeringan itu sampai bulan Februari, namun puncaknya pada bulan Oktober ini, Insya Allah pada bulan November sudah mulai menurun. Selama hujan tidak turun, maka kita yang harus cari airnya, maka dari dalam tanah hari ini Alhamdulillah Polri membantu Pemerintah Kabupaten Gowa dan masyarakat untuk menyediakan air melalui sumur bor dan tower air bersih,” lanjutnya.

Sementara, Kapolda Sulsel, Irjen Pol Drs Setyo Boedi Moempoeni Harso, mengatakan fenomena El Nino sangat berpengaruh terhadap keseharian masyarakat, namun hari ini bisa sedikit teratasi dengan adanya sumur bor ini.

“Kesulitan air sekarang bisa tertangani dan sudah mendapatkan solusi sehingga semoga ini bermanfaat. Ini adalah upaya kepolisian untuk mendapatkan air bersih. Di situasi kemarau panjang ketersediaan air bersih perlu mendapatkan perhatian kita semua,” katanya.

Irjen Pol Setyo mengaku, selain di Kabupaten Gowa, pihaknya telah membuat 40 buah sumur bor yang tersebar di seluruh wilayah Provinsi Sulawesi Selatan. Menurutnya program ini selaras dengan program pemerintah dalam mengatasi dampak El Nino.

“Keberadaan fasilitas ini dapat memenuhi kebutuhan dasar masyarakat. Diharapkan ini bisa dirawat sehingga bisa digunakan dalam jangka panjang. Terima kasih juga kepada jajaran Polres dan Pemerintah Kabupaten Gowa, ini memberikan dampak yang luar biasa dan amal jariyah bagi kita semua,” sebutnya.

Ditempat yang sama Kapolres Gowa, AKBP Reonald TS Simanjutak mengatakan pihaknya membuat dua sumur bor di Dusun Bollangi, Kecamatan Pattallassang yang digali menggunakan ekskavator, dimana nantinya mata air ini akan mengcover hingga 200 KK.

“Hari ini Program Sumur Bor akan mulai dilakukan, dan dalam penggaliannya dibantu oleh masyarakat sekitar. Memang ada sedikit kendala karena dalam melakukan pengecekan sedikit susah karena batu, sehingga berinisiatif menggali menggunakan ekskavator,” pungkasnya.

Kepala Dusun Bollangi, Asriadi menyebut selama kemarau panjang ini, dirinya bersama masyarakat sangat kesulitan dengan air bersih. Bahkan beberapa masyarakatnya ada yang berjalan jauh hingga 3 km, dan membeli hanya untuk mendapatkan air bersih tersebut.

Sehingga dengan adanya bantuan sumur bor ini, kata Asriadi sangat bermanfaat bagi Dusun Bollangi, Desa Timbuseng, Kecamatan Pattallassang.

“Bantuan yang diberikan kepada kami ini sangat bermanfaat. Kami sangat berterima kasih kepada jajaran Polri, khususnya atas perjuangannya selama sebulan ini dalam pengeboran untuk mendapatkan air bersih. Karena selama ini masalah di desa kami betapa susahnya mendapatkan air bersih,” ungkapnya.

Pada peresmian ini, Polda Sulsel turut memberikan bantuan sosial kepada masyarakat sekitar dan dihadiri Ketua DPRD Gowa, Rafiuddin dan jajaran Pemerintah Kecamatan Pattallassang.(*)


BACA JUGA