Lestarikan Lingkungan, Pelindo Regional 4 Tanam 2500 Pohon di Sekitar Pelabuhan

Senin, 18 September 2023 | 16:53 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Dalam rangka mendukung penurunan emisi karbon dan menjaga kelestarian lingkungan secara berkelanjutan, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 4 melalui Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) menggelar “Program Pelindo Menanam Pohon” dengan melakukan penanaman sebanyak 2.500 bibit pohon di sekitar area pelabuhan, Sabtu (16/09/2023).

Sebanyak 1.500 bibit pohon tersebut ditanam di sekitar area Pelindo Regional 4 Makassar dan Pelabuhan Paotere. Juga di sekitar Makassar New Port (MNP) atau yang sekarang berubah nama menjadi TPK New Makassar (Terminal 2).

pt-vale-indonesia

Basri Alam, Division Head Pelayanan SDM dan Umum Pelindo Regional 4 mengatakan, pihaknya menyiapkan total sebanyak 2.500 pohon untuk ditanam secara serentak pada hari ini (Sabtu, 16/9/2023). Di mana sebanyak 1.000 pohon untuk ditanam di beberapa area pelabuhan di Kawasan Timur Indonesia (KTI) yang menjadi wilayah kelolaan Pelindo Regional 4.

“Sementara itu sebanyak 1.500 pohon untuk ditanam sekitar area Pelindo Regional 4 Makassar dan sekitar MNP, yakni di Kelurahan Kaluku Bodoa dan Kelurahan Tallo, Kota Makassar,” ujarnya.

Ia berharap melalui “Program Pelindo Menanam Pohon” ini, apa yang dilakukan Perseroan dapat bermanfaat bagi kita semua dan pohon yang ditanam juga bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya.

General Manager (GM) Pelindo Regional 4 Makassar, Iwan Sjarifuddin mengungkapkan bahwa penanaman sebanyak 1.500 bibit pohon yang dilakukan pada hari ini [Sabtu], merupakan bagian dari TJSL Perusahaan Program Bina Lingkungan.

“Penanaman sebanyak 1.500 bibit pohon di area Pelindo Regional 4 Makassar ini juga merupakan rangkaian dari peringatan Hari Pelindo yang ke-2 pascamerger, dan kami memang bertekad untuk menghijaukan lingkungan,” terangnya.

“Mudah-mudahan apa yang ditanam pada hari ini, akan dinikmati oleh anak cucu kita nanti,” ucap Iwan.

Kepala Bidang Ruang Terbuka Hijau (RTH) Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar, Azhar Anwar mengatakan, penanaman pohon menjadi isu yang strategis terutama untuk Dinas Lingkungan Hidup karena pentingnya kita melindungi alam, salah satunya dengan menanam pohon.

“Tanpa pohon kita tidak bisa hidup karena pohon juga menghasilkan oksigen untuk kehidupan manusia di sekitarnya,” ujarnya.

Oleh sebab itu lanjut dia, penting bagi kita semua untuk menjaga dan melestarikan alam. “Apa yang dilakukan Pelindo pada hari ini perlu untuk diapresiasi bersama dan perlu untuk diperhatikan pasca-tanamnya, keberlangsungannya.”

“Kami juga memberikan apresiasi kepada Pelindo yang sudah menggandeng pemerintah setempat untuk menanam sebanyak 1.500 pohon. Ini adalah community development untuk membangun kebersamaan dengan lingkungan sekitarnya,” tukas Azhar.

Nimrod Sembe, Sekretaris Camat Tallo juga menyampaikan apresiasi kepada Pelindo yang telah memberikan perhatian kepada masyarakat dan lingkungan di sekitarnya.

“Kami mau lingkungan di sekitar kita selalu asri. Terima kasih kepada Pelindo, mudah-mudahan kegiatan penanaman pohon ini bisa dilakukan secara berkala,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA