PKKMB 2023, Universitas Bosowa Edukasi 3000 Mahasiswa Baru Soal Jaga Lingkungan

Kamis, 14 September 2023 | 15:21 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Universitas Bosowa (Unibos) turut berupaya dalam menjaga lingkungan dengan berbagai cara. Salah satunya ialah memberikan edukasi.

Hal itu terlihat ketika 3000 mahasiswa baru (maba) tahun 2023 diberikan pemahaman terkait jaga lingkungan. Edukasi ini berlangsung saat Pengenalan Kehidupan Kampus kepada Mahasiswa Baru (PKKMB) 2023 halaman Unibos, Kamis (14/09/2023).

pt-vale-indonesia

Rektor Unibos, Prof Batara Surya menyampaikan Universitas Bosowa ikut merespon soal lingkungan yang terancam saat ini. Khusus PKKMB tahun ini, ia ingin memberikan pemahaman pentingnya menjaga lingkungan.

Adapun salah satu upaya menjaga lingkungan, kata Prof Batara Surya, adalah pengelolaan sampah yang baik. Sebab, limbah ini bisa menjadi bernilai ekonomis.

“Sampah adalah potensi yang bisa kita olah menjadi energi terbaharukan. Sampah yang dihasilkan itu bisa didaur ulang. Ketika pemahaman ini diberikan kepada mahasiswa baru, maka terekam didalam cara berfikirnya,” ujarnya.

Ketua Panitia, Zulkhair Burhan mengatakan Tema PKKMB kali ini memang mengusung isu lingkungan. Dinamai SIRKULAR, ia menjelaskan arti tema ini bagi lingkungan.

“Kami bersepakat menamai inisiatif ini dengan nama SIRKULAR, akronim dari Sesi Orientasi Kehidupan Perkuliahan dan Lingkungan Belajar yang juga merupakan sebuah istilah yang diadopsi dari studi ekonomi sirkular yang menekankan pada pentingnya keberlangsungan lingkungan hidup dan bertujuan agar sumber daya yang dimiliki saat ini dapat dikelola optimal dan turut bermanfaat bagi generasi mendatang,” jelas Zulkhair Burhan.

Secara rinci, Unibos menerima Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis berjumlah 443 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sebanyak 220, Fakultas Hukum sebanyak 266, Fakultas Psikologi sebanyak 340, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra sebanyak 224, Fakultas Kedokteran sebanyak 135, Fakultas Teknik sebanyak 895, Fakultas pertanian 195 dan Pasacasarjana sebanyak 282.

Sebagai penutup pembukaan PKKMB Unibos 2023, ditampilkan dram musikal yang mengilustrasikan lingkungan dan pemanasan global yang semakin membutuhkan perhatian kita bersama, penampilan ini diinisiasi oleh perwakilan mahasiswa baru terpilih dan berbakat dalam puisi dan bernyanyi.(*)

Tags:

BACA JUGA