Tabung gas LPG

Gas Elpiji 3 Kg Dijual Mahal, Disperdastri Gowa Duga Ada Permainan Pengecer

Rabu, 27 September 2023 | 17:05 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Warga Kabupaten Gowa mengeluhkan harga gas elpiji 3 kg yang mencapai Rp27.000 hingga Rp30.000 per tabung. Selain mahal, gas elpiji 3 kg ini juga sulit untuk didapat.

Keluhan dari warga itu disampaikan Daeng Situju. Warga Desa Jenetallasa itu mengaku kehabisan gas elpiji 3 kg sejak semalam lalu pergi mencari gas subuh-subuh namun tidak berhasil mendapat. Di pengecer kosong stok.

pt-vale-indonesia

“Ada ditemukan pengecer tapi harganya tinggi Rp28 ribu per tabung,” kata Daeng Situju, Rabu (27/09/2023).

Hal yang sama diutarakan Daeng Eda, pemilik warung makan di Sungguminasa ini mengaku dapat tabung isi 3 Kg di Kelurahan Katangka, Kecamatan Somba Opu harganya Rp27 ribu.

Bahkan ada pengecer di Katangka menjual hingga Rp30 ribu per tabung 3 Kg.

“Iya saya beli kemarin di Katangka 27 ribu, tapi warung pertama yang saya datangi harganya malah Rp30 ribu,” katanya.

Menanggapi keluhan warga tersebut,
Plt Kadis Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Gowa, Taufik Mursad mengatakan pihaknya akan mengecek terlebih dahulu. Sebab kata dia, gas kosong dipengecer belum tentu langka.

“Saya cek dulu di wilayah mana yang menurut warga langka. Sebab saat ini tidak ada kelangkaan, stok ada. Apalagi kalau ada penjualan di luar HET (harga eceran tertinggi) mungkin itu hanya mainan pengecer saja. Ini harus jelas, supaya tidak menjadi rumor yang bisa memicu pengecer lain menaikkan harga,” jelas Taufik.(*)


BACA JUGA