Berdaya Bareng-Jasa Raharja Edukasi Cara Berkendara Aman Bagi Korban Lakalantas di Makassar

Selasa, 17 Oktober 2023 | 20:31 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Berdaya Bareng bersama Jasa Raharja menggelar program bertajuk ‘Merajut Harapan Bersama Jasa Raharja’. Program ini dikemas melalui pelatihan yang berlangsung di Hotel Maxone mulai 15 sampai 17 Oktober 2023.

Adapun pelatihan itu di antaranya cara berkendara aman bagi keluarga korban kecelakaan lalu lintas dan melakukan pelatihan kepada para penerima manfaat terhadap akses literasi digital dan kewirausahaan.

pt-vale-indonesia

Ada juga kegiatan seperti pendampingan terhadap korban kecelakaan lalu lintas (lakalantas) dengan bertujuan agar mereka tidak trauma.

Sebanyak 127 peserta yang terdiri dari korban dan keluarga korban ikut dalam program ini. Beberapa dari mereka juga merupakan kaum disabilitas.

“Support yang diberikan Jasa Raharja berupa pelatihan dan pendanaan yang di serahkan ke Berdaya Bareng yang bisa dipergunakan oleh korban kecelakaan dan korban disabilitas,” ucap Kepala Urusan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Jasa Raharja Pusat, Khawarid.

Pihaknya berharap para peserta menjadi contoh bagi masyarakat lain. “Rencananya kita tidak akan berhenti disini, kegiatan serupa akan terus kami gelar,” tambahnya.

Kepala Jasa Raharja Cabang Sulawesi Selatan M. Iqbal Hasanuddin, menyampaikan, program ini didukung pula oleh Korlantas Polri dan Polda Sulawesi Selatan itu, menyasar 100 penerima manfaat dengan beragam latar belakang. Di antaranya korban kecelakaan lalu lintas, pasangan korban laka lantas, anak korban laka lantas, pekerja rentan laka lantas, serta anak pekerja rentan laka lantas.

“Ini untuk mendorong kebiasaan berkendara yang bertanggung jawab dan menciptakan lingkungan jalan yang lebih aman,” ujar Iqbal.

Iqbal mengatakan, selama program berlangsung, para penerima manfaat akan mendapatkan pemeriksaan kesehatan fisik dan mental, safety riding tentang praktik berkendara yang aman, sosialisasi pentingnya menggunakan perlengkapan pelindung saat berkendara, dan sosialisasi patuh terhadap peraturan lalu lintas.

Dalam program yang sama, Jasa Raharja juga menggelar workshop digital bagi korban dan anak korban laka lantas. Antara lain terkait peningkatan literasi digital, menciptakan peluang pekerjaan digital, serta kewirausahaan yang membantu perempuan atau pasangan korban laka lantas yang ingin mengembangkan kemampuan usahanya.

Lebih lanjut, Iqbal menyampaikan program Merajut Harapan Bersama Jasa Raharja ini dilatar belakangi fenomena kecelakaan lalu lintas di Indonesia yang selama tiga tahun berturut-turut mengalami peningkatan signifikan.

“Kecelakaan tersebut disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari human error, kondisi kendaraan, hingga sarana dan prasana. Kecelakaan lalulintas pun menyebabkan disabilitas dan trauma psikologi bagi korban maupun keluarga korban,” ucap Iqbal.

Melalui program ini, Iqbal berharap seluruh lapisan masyarakat, khususnya keluarga korban kecelakaan lalu lintas di Makassar dapat terus survive dan berkembang.

“Tentunya skill dan ilmu yang didapat dari program ini dapat menjadi bekal untuk merajut masa depan yang lebih baik,” tutup Iqbal.(*)


BACA JUGA