Jelang Nataru, Stok Daging Sapi dan Ayam di Gowa Aman

Selasa, 19 Desember 2023 | 17:15 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Stok daging sapi dan ayam di Kabupaten Gowa jelang perayaan Natal dan Tahun Baru mendatang terpantau aman.

Selain stoknya aman, harga kedua bahan pokok tersebut terbilang stabil. Permintaan juga kian meningkat menyusul pergantian tahun.

pt-vale-indonesia

Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Gowa, Suhriati mengatakan, harga daging sapi diperkirakan masih pada level Rp120.000 per Kg (relatif normal seperti harga biasanya).

Untuk produksi daging sapi sebesar 89.250 Kg per bulan, sedangkan kebutuhan normal sebesar 38.434 Kg per bulan. Jika terjadi peningkatan permintaan daging sebesar 15 persen atau sebanyak 44.199 Kg, maka stok masih sangat aman yaitu berlebih sebesar 45.051 Kg.

“Kondisi inilah yang membuat kita optimis karena stok aman maka harga akan terjadi pada level wajar juga,” katanya, Selasa (19/12/2023).

Dijelaskan Suhriati, untuk stok ayam pedaging atau ayam potong terpantau aman sekali. “Stok kita bayangkan berlebih sekitar 460.422 Kg untuk bulan ini (Desember). Hal ini terjadi karena ayam potong diproduksi secara massal melalui kandang-kandang modern atau close house dengan daya tampung puluhan ribu ekor per kandang,” sebutnya.

Dijelaskannya, tercatat populasi ayam potong di Kabupaten Gowa mencapai 2 juta ekor per produksi. Karena itu diperkirakan produksi Desember ini surplus sampai 460.422 Kg.

“Pada keadaan surplus seperti itu maka dapat dipastikan harga ayam potong tidak akan mengalami lonjakan. Hal yang mungkin terjadi adalah reaksi pasar menghadapi kegembiraan jelang tahun baru. Bisa naik tapi tidak signifikan sebab perilaku pasar akan menjual sebanyak-banyaknya karena stok berlebih, ” kata Suhriati.

Saat ini kata Suhriati, pihaknya terus melakukan upaya-upaya menghadapi Nataru yakni pertama memastikan produksi terjaga sehingga stok mencukupi dan kedua, menjaga dan mengawasi rantai distribusi agar aman dan lancar sehingga konsumen dapat memperoleh kebutuhan daging sapi, daging ayam dan telur secara mudah.

Terkait harga, Plt Kadis Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Gowa, Taufik Mursad melalui Kabid Perdagangan Amri saat dikonfirmasi, mengatakan jika untuk harga pasar saat ini cenderung stabil.

“Ada juga kenaikan beberapa jenis bahan kebutuhan pokok namun tidak terlalu tinggi. Seperti cabai rawit merah yang mencapai Rp90 ribu per Kg pekan-pekan sebelumnya Rp80 ribu per Kg. Kalau daging sapi dan ayam harganya tetap. Sapi lokal Rp120 ribu per Kg, daging ayam broiler Rp36 ribu per Kg, daging ayam kampung Rp85 ribu per ekor dan daging impor Rp110 ribu per Kg, ” kata Amri.(*)


BACA JUGA