KPU Sulsel Ingatkan Visi Misi Calon Kepala Daerah Sesuai RPJPD 2025-2045

Selasa, 23 Juli 2024 | 15:02 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan (Sulsel) mengingatkan seluruh calon kepala daerah untuk merancang visi misi sesuai dengan Rencana Program Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2025-2045.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Sulsel, Hasbullah saat membuka Sosialisasi Persiapan Visi Misi Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Pemilu Serentak 2024 dalam Hubungannya dengan RPJPD 2025-2045. Bertempat di Hotel Four Points by Sheraton, Selasa (23/07/2024).

pt-vale-indonesia

Dia mengatakan keselarasan visi misi dan RPJPD sudah diatur melalui Undang-undang (UU) Pemerintah Daerah. Untuk itu, KPU melakukan sosialisasi untuk memberikan pemahaman kepada calon kepala daerah lewat tim pemenangan dan partai politik.

“Partai politik ini yang akan memberikan calon kepala daerahnya bahwa visi misi yang dibuat yang akan dituangkan itu harus sesuai dengan RPJPD. Ini penting karena ini amanat UU,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala Bapelitbangda Sulsel, Andi Bakti Haruni menyatakan bahwa RPJPD berisikan target pencapaian untuk kepala daerah berikutnya. Itu sudah diatur sesuai masalah yang ada di masyarakat.

“Ada target yang dicapai seperti peningkatan pendapatan, penurunan angka kemiskinan, masalah lingkungan. Itu adalah semua agenda lima tahunan yang harus dicapai lewat visi misi nanti,” ujarnya.

“Termasuk ada juga isu-isu strategis yang harus diperhatikan seperti kondisi ekonomi yang tidak menentu, perubahan iklim, dan bonus demografi,” tambah Andi Bakti.

Turut hadir Ketua Bawaslu Sulsel, Mardiana Rusli yang juga bertindak sebagai narasumber. Lainnya adalah para penggiat perencanaan, LO, dan pengurus partai politik. (*)

Tags:

BACA JUGA