CRC

Survei CRC, Elektabilitas Taufan-Pangerang Unggul 68,3 Persen

Minggu, 27 Mei 2018 | 21:09 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Parepare, GoSulsel.com — Lembaga riset, Celebes Research Center (CRC) mengumumkan hasil survei terbarunya untuk Pilkada Parepare, per April 2018.

Hasil survei itu menunjukkan tingkat elektabilitas atau keterpilihan pasangan Calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Parepare nomor urut 1, Taufan Pawe-Pangerang Rahim (TP) berada di angka 68,3 persen.

pt-vale-indonesia

Unggul dibanding paslon nomor urut 2, Faisal A Sapada-Asriady Samad (FAS) yang berada di angka 25,0 persen. Pemilih mengambang atau belum menentukan pilihan berkisar 6,7 persen.

Direktur Riset CRC, Wahyudin Abbas mengatakan, keunggulan TP berdasarkan hasil survei itu terpotret di semua kecamatan yang ada di Parepare.

“Untuk kelurahan, TP mendominasi di 21 kelurahan dari 22 kelurahan di Parepare,” ujar Wahyudin.

Dalam riset ini lanjut Wahyudin, lingkup penelitian adalah seluruh masyarakat di Kota Parepare yang sudah memiliki hak pilih yakni berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. Jumlah sampel sebanyak 1000 responden.

“Dengan metode penarikan sampel multistage random sampling dan memiliki toleransi kesalahan dugaan +/- 3,0 persen pada selang kepercayaan 95,0 persen. Sampel berasal dari empat kecamatan di Parepare yang terdistribusi secara proporsional,” kata Wahyudin.

Dia menjelaskan, pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara tatap muka langsung (face to face) menggunakan kuesioner pada 5 – 13 April 2018. Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20,0 persen dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih.

Responden ini berasal dari berbagai latar belakang pendidikan. Mulai dari tidak bersekolah, tamat SD, tamat SMP, tamat SMA, hingga berkuliah dan tamat perguruan tinggi. Terbanyak adalah tamatan SMA, 40,4 persen. (*)


BACA JUGA