FOTO: Ikan paus berukuran sekitar 10 Meter ditemukan di Kecamatan Kajang Bulukumba, gegerkan warga/Rabu, 3 Agustus 2022/Gosulsel.com
#

Paus Panjang 10 Meter Gegerkan Warga Kajang

Rabu, 03 Agustus 2022 | 16:35 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM – Seekor paus raksasa berukuran sekitar 10 meter gegerkan warga Kajang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatang, tepatnya di pesisir pantai Babalaikang, Lingkungan Kaluku Lohe, Kelurahan Laikang.

Diduga Paus raksasa ini terdampar dalam keadaan yang kurang sehat. Paus tersebut ditemukan oleh salah seorang warga yang berprofesi sebagai pelaut, yakni Puang Lampe, pada Rabu (3/8/20222).

pt-vale-indonesia

Penemuan paus ini juga sontak viral di media sosial. Dari pantauan siaran langsung warga berkerumun menyaksikan paus raksasa itu. Tidak hanya melihat dari tepi pantai saja, bahkan sebagian diantaranya mendekati paus menggunakan perahu.

FOTO: Ikan paus berukuran raksasa terdampar di pesisir pantai Babalikang, Kajang, Kabupaten Bulukumba. Warga terus berdatangan/Rabu, 3 Agustus 2022/Gosulsel.com

Salah satu rekaman gambar yang diterima Gosulsel.com, salah seorang warga naik di punggung paus tersebut. Kepala Lingkungan setempat, Puang Roni Arda membenarkan adanya penemuan paus yang diduga terdampar tersebut.

“Iye benar, yang pertama lihat itu salah satu warga bernama Puang Lampe saat menuju pinggir pantai. Tapi kalau dilihat-lihat pasunya sekarang seperti tidak sehat lagi, bahasanya sekarat lah,” kata Roni Ardan.

Hingga saat ini, kata dia, di sekitar lokasi penemuan paus raksasa semakin disesati warga yang datang menyaksikan. Meski belum dilaporkan ke pihak yang berwajib namun tidak ada aktifitas yang dilakukan warga yang mengancam nyawa hewan lindung tersebut.

Dikatakan Roni, bahwa sebelumnya juga pernah ditemukan ikan serupa yang terdampar. Dia menuturkan kisaran satu tahun lalu, meski begitu dia tidak mengingat pasti waktunya.

“Sekitar tahun 2000an juga pernah terjadi, tapi saya tidak ingat pasti. Yang pasti, kita bersama warga berupaya untuk tetap melindungi ikan paus ini,” tandasnya.(*)


BACA JUGA