Fakultas Ekonomi Universitas Bosowa (Unibos) bekerja sama dengan Datsun menggelar Seminar Kewirausahaan, di Kampus Unibos, Jumat (20/11/2015).
#

Social Entrepreneurship: Jadi Solusi dengan Berwirausaha

Jumat, 20 November 2015 | 16:05 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Citizen Reporter

Halaman 1

Makassar,GoSulsel.com – Himpunan Mahasiswa Manajemen (Himanaj) Fakultas Ekonomi Universitas Bosowa (Unibos) bekerja sama dengan Datsun menggelar Seminar Kewirausahaan. Seminar yang dihadiri ratusan pesera ini digelar di Balai Sidang Universitas Bosowa (Unibos), Jumat (20/11/2015).

Sejalan dengan visi misi perguruan tinggi, Rektor Unibos mengungkapkan dukungannya atas kegiatan ini. “Kegiatan semacam ini akan membantu mahasiswa kami untuk mempersiapkan diri agar setelah selesai menimba ilmu di kampus ini, maka bisa berkarir mandiri,” ungkap Rektor Unibos, Prof Saleh Pallu saat membuka acara.

pt-vale-indonesia

Seminar Nasional ini menghadirkan Dr. Arifuddin Mane (akademisi dan Dekan Fakultas Ekonomi Unibos), Vikra Ijaz (Chief Marketing Officer kitabisa.com), dan Jagad Sidhayoda (Public Relations Datsun Indonesia) sebagai pembicara. Selain pemaparan dari narasumber, pada kegiatan ini juga ditanda tangani nota kesepahaman antara Datsun Indonesia dengan Universitas Bosowa Makassar tentang Pelatihan, Seminar, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Seminar nasional ini mengangkat tema Social Entrepreneurship: Akses Untuk Perubahan. Vikra Ijas mengungkapkan bahwa perubahan tentunya memerlukan akses. “Meski butuh akses, namun bukan berarti bahwa kita harus bergantung pada pemerintah atau lembaga lainnya. Kita tetap bisa bergerak dan menciptakan perubahan secara independent,” tuturnya.

Halaman 2

Vikra Ijas membagi pengalamannya dalam menyediakan wadah bagi masyarakat yang tidak hanya berfikir namun juga bertindak dalam memberikan solusi atas masalah di sekitarnya. Menurutnya, salah satu cara memberikan solusi bagi masalah hari ini adalah dengan berwirausaha.

Seminar Nasional yang digelar ini juga merupakan ajang sosialisasi Datsun Rising Challenge 2, sebuah pemberdayaan masyarakat melalui kompetisi proposal wirausaha. Kegiatan ini menjadi ajang untuk mengajak masyarakat menjadi agen perubahan, mewujudkan mimpi dalam membangun bisnis impian, sekaligus berkontribusi pada permasalahan sosial di sekitarnya.

Kompetisi ini nantinya akan menghasilkan lima pemenang dengan hadiah masing-masing satu unit mobil Datsun GO+ Panca dan modal usaha senilai 50 juta untuk menjalankan bisnisnya. Kompetisi yang digelar sejak 13 Oktober yang lalu ini akan berakhir Januari mendatang.

Tahun ini merupakan tahun kedua penyelenggaraan Datsun Rising Challenge, setelah tahun 2013 yang lalu. “Tahun ini, Datsun Rising Challenge 2 akan berfokus pada kewirausahaan yang memberdayakan masyarakat untuk mengentaskan permasalahan sosial (social entrepreneurship),” ungkap Ronny Tanamal selaku Head of Event and Promotion Datsun Indonesia.

Citizen Reporter: Ayu Adriyani – Humas Universitas Bosowa


BACA JUGA