Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Panaikang.

MI At-Taqwa Panaikang Didik Anak Jalanan, Juru Parkir & Pemulung

Rabu, 25 November 2015 | 13:07 Wita - Editor: Baharuddin -

Halaman 1

Makassar,GoSulsel.com – Madrasah Ibtidaiyah (MI) At-Taqwa Panaikang yang bernaug dalam yayasan Nurul Islam berbeda dengan sekolah Islam lainnya di Makassar. Sekolah Islam setara dengan Sekolah Dasar (SD) ini menampung anak keluarga tak mampu, mulai dari anak jalanan, juru parkir, hingga pemulung.

“Anak didik disini merupakan kelas ekonomi kebawah. Meski demikian semangat belajarnya sangat tinggi,” kata Juhasni, salah seorang guru di MI Ibtidaiyah At Taqwa Panaikang, Makassar, ketika ditemui, GoSulsel.com, Rabu, (25/11/2015).

Juhasni mengungkapkan, sebagai guru agama, lebih menekankan ilmu agam islam terutama kepada siswanya. Mulai dari pelajaran Al-qur’an Hadist, fiqih, Aqidah Akhlak, Bahasa Arab dan Sejarah Kebudayaan Islam. “Karena ini MI jadi banyak soal agama yang harus anak-anak paham,” tuturnya.



Halaman 2

Juhasni yang mengajar sejak 1985 lalu menceritakan, MI ini mempunyai 4 ruangan, 3 ruang kelas, 1 kantor guru. Proses belajar mengajar secara bergantian, pagi dan siang hari.

“Bangunan sekolah dari dulu begini terus, semua atapnya bocor, jadi itu tommi seni nya kalo mengajar dikalah hujan, tetap juga semangat karena anak-anak juga semangat belajarnya tinggi jadi kita sebagai guru bersemangat juga walaupun mengajar dalam keadaan banjir” kenangnya.



Guru yang sudah 20 tahun mengabdi di MI At Taqwa ini berharap, adanya perhatian dari pemerintah. “Kami berharap ada bantuan dari pihak luar untuk bisa membantu anak-anak yang bersekolah disini, juga guru yang non PNS agar diperhatikan” pungkasnya.

Reporter: Muhaimin – GoSulsel.com


BACA JUGA