(Foto: Rapat komisi E DPRD propinsi sulawesi selatan membahas nilai UNBK/Rabu, 8 Juni 2016/Muhammad Seilessy/GoSulsel.com)

Nilai Peserta Ujian Menurun, Komisi E Evaluasi Pelaksanaan UNBK di Sulsel

Rabu, 08 Juni 2016 | 19:08 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Muhammad Seilessy - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan kembali mengevaluasi pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dilaksanakan beberapa waktu lalu di Sulawesi Selatan.

Evaluasi dilakukan bersama dinas pendidikan provinsi sulawesi selatan di ruang komisi, kantor DPRD Sulsel terkait dengan menurunnya nilai pada peserta ujian nasional yang diraih oleh hampir semua sekolah pada UNBK tahun ini

pt-vale-indonesia

“Ini (UNBK) mungkin baru dilakukan tahun ini jadi siswa harus butuh persiapan Yang matang,” kata Anggota wakil ketua komisi E Saharuddin Alrif dalam rapat evalusi tersebut, Rabu (8/6/2016).

Lanjut dia, selain itu kebiasaan buruk dalam ujian nasional sebelumnya yaitu dengan menyontek kunci jawaban sehingga nilai mereka meningkat. Sementara dalam pelaksanaan UNBK, setiap siswa diperhadapkan dengan sistem yang berbeda.

“Justru nilai mereka menurun itu karena ini yang paling jujur, tahun kemarin jumlah nilai peserta ujian di Sulsel meningkat karena ada kunci Jawaban dari guru,” ungkapnya.

Sehingga komisi E mmenyarankan agar dinas pendidikan dapat memaksimalkan beberapa sekolah agar dalam ujian nasional tahun depan sekolah lainnya dapat menggunakan sistem UNBK.


BACA JUGA