Sebelum Beli Daging, Ketahui Ciri-ciri Kualitas Daging Ayam

Jumat, 01 Juli 2016 | 13:01 Wita - Editor: Irfan Wahab -

Makassar, GoSulsel.com – Tingginya permintaan daging di Makassar selama Ramadhan ini ternyata tidak membuat para penjual daging selalu menyediakan daging-daging yang punya kualitas. Khusus untuk daging ayam, ternyata terdapat ciri-ciri yang dapat diketahui apakah daging tersebut berkualitas atau tidak.

Novriani salah seorang pembeli di pasar Terong, mengatakan bahwa sebelum membeli daging ayam yang pastinya selalu menginginkan daging yang berkualitas, alangkah baiknya untuk memperhatikan kondisi ayam sebelum membelinya, Kamis (30/06/2016).

pt-vale-indonesia

Menurutnya, lanjut Novriani, ciri-ciri daging ayam yang sudah dipotong punya kualitas bagus, sehat dan tentunya layak konsumsi untuk daging ayam yang sudah dipotong. Pertama, dagingnya terasa kenyal, empuk atau lunak ketika ditekan dengan jari menunjukkan daging tersebut sehat.

Kedua, dapat dilihat dari kandungan lemaknya, sebab menurutnya hal tersebut berpengaruh terhadap rasa daging. Kemudian ketiga, dengan memperhatikan warnanya. Warna yang berkualitas berwarna merah, sedangkan yang tidak sehat berwarna keungu-unguan.

“Dagingnya dipegang-pegang, kalau terasa kenyal dan empuk berarti bagus, perhatikan juga lemaknya dan lihat baik-baik juga warnanya, kalau merah keungu-unguan berarti itu tidak bagus,” ungkapnya.

Halaman:

BACA JUGA