Dinsos Makassar Tak Ingin Disalahkan Terkait Penanganan Pengemis

Sabtu, 02 Juli 2016 | 18:40 Wita - Editor: Iin Nurfahraeni - Reporter: Aris Taoemesa - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Dinas Sosial kota Makassar tidak ingin sepenuhnya disalahkan terkait tudingan pembinaan yang kurang maksimal untuk para gelandangan dan pengemis, yang dilontarkan anggota DPRD kota Makassar Komisi D Iqbal Jalil beberapa waktu lalu.

Untuk itu, Pelaksana tugas Kepala Dinas Sosial Mukhtar Tahir meminta agar DPRD  Kota Makassar segera merealisasikan anggaran tempat singgah atau sarana penampungan untuk para gelndangan dan pengemis yang ada.

pt-vale-indonesia

“Kalau dikritik kurang efektif, ya wajar saja DPRD mengatakan seperti itu. Dan kembali sama dia saja untuk menjawab,” kata Mukhtar Tahir, Sabtu (2/7/2016).

Dia menjelaskan saat ini  ketersediaan personel, patroli, dan seluruhnya sudah memadai, namun yang menjadi persoalan menurutnya adalah persoalan sarana setelah ditangkap.

“Tidak menyelesaikan persoalan kalau dilepas saja. Untuk tempat penampungan ada namun ini milik provinsi. Jadi semuanya harus dilihat dengan baik “katanya

Sejauh ini, Mukhtar menjelaskan  Dinsos Makassar sendiri sudah melakukan berbagai cara agar gelandangan dan pengemis terminimalisir dengan cara merekrut sukarelawan untuk memmantau lokasi yang hobi ditongkrongi pengemis dan gelandangan.

“Kita selalu pantau. Kalau diusir, datang lagi. Itu kenapa kita tidak sediakan relawan. Tapi kalau memang Dewan mengintervensi. Ya, cepat anggarkan sarananya,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA