(FOTO: Kasubbid Pengembangan Perfileman Kemendikbud Sebut Makassar Kantong Film/Sabtu, 17 September 2016/Muhammad Fardi/GoSulsel.com)

Kemendikbud Siap Bantu Pendanaan Sineas dan Komunitas Film di Makassar

Sabtu, 17 September 2016 | 22:20 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) siap menfasilitasi para sineas dan komunitas film untuk membuat karya film hingga rampung.

Hal ini diungkapkan Kepala Sub Bidang (Kasubbid) Pengembangan Perfileman Kemendikbud RI, Rita Siregar saat menghadiri penayangan salah satu film nominasi AFI 2016 di Benteng Fort Rotterdam, Makassar, Sabtu (17/9/2016).

“Siapapun yang ingin menjadi sineas yang handal akan kita fasilitasi, ada ide film garapan kita akan biayai sampai selesai mulai penulisan naskah, ayo masyarakat Makassar majukan film garapan karya anak bagsa,” ujar Rita Siregar.

Dia mengatakan, bagi sineas lokal dan komunitas perfileman yang memiliki konsep film namun tidak cukup biaya bisa mengirimkan proposal ke Kemendikbud untuk segera mendapat bantuan.

“Kita punya program, bukan hanya film tapi juga non film, dokumenter sudah banyak kita bantu, silahkan kirim permohonan ke Kemendikbud untuk kita verifikasi,” ujarnya.

Bahkan Ia mengaku telah melakukan beberapa workshop tentang teknik pembuatan film dan dokumenter.

“Kita sudah beberapa kali lakukan Workhsop Sutradara, sineas, koreografi dan perfileman dan sudah kita lakukan di Makassar, ini untuk mendorong dan mengapresiasi komunitas Makassar untuk berkarya,” pungkas Rita.(*)


BACA JUGA