Pengrajin Songkok to Bone

Dusun Legendaris Pengrajin Songkok to Bone Dipesan Bangsawan

Senin, 19 September 2016 | 19:44 Wita - Editor: Irfan Wahab - Fotografer: Erik Didu - Go Cakrawala

Bone, GoSulsel.com – Dengan penuh ketekunan dan fokus dalam menyulam serat pohon lontar, Hasni berusia 17 tahun sejak kecil diajarkan oleh orang tuanya membuat songkok Recca atau songkok Pamiring.

Songkok Recca atau dikenal dengan Songkok to Bone dapat dijumpai di Dusun Sawangnge, Desa Paccing, Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Desa Paccing berjarak 10 km dari kota Watampone, sementara dusun Sawangnge berjarak 1 km dari dari Paccing, warga didusun tersebut sangat dikenal sebagai pengrajin anyaman seratan pohon lontar yang nantinya mereka sulap menjadi Songkok To Bone.

Tim trip explore South Sulawesi bekerja sama Bank Sulselbar berkesempatan menyambangi Dusun yang legendaris di Kabupaten Bone tersebut Minggu, (18/9/2016).

Tim yang beranggotakan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Makassar menelusuri jalan berbatu saat memasuki dusun Sawangnge, disepanjang jalan, ditiap kolong rumah kayu panggung bisa disaksikan ibu-ibu dan gadis remaja dengan jemari lentiknya menganyam seratan pohon lontar.

Halaman:

BACA JUGA