Ilustrasi

Pengamat: Akademisi Punya Peluang di Pilkada

Senin, 26 September 2016 | 17:09 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Citizen Reporter

Makassar, GoSulsel.com – Peluang akademisi untuk bertarung di Pilkada cukup terbuka. Selain memiliki kompetensi dalam ilmu pemerintahan, akademisi yang juga bergelut dalam dunia politik tak sedikit yang memiliki popularitas yang cukup baik di masyarakat.

Hal ini disampaikan Pakar Komunikasi Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, Dr Firdaus Muhammad kepada wartawan di Makassar, Senin, (26/09/2016). Menurutnya, sudah banyak figur berlatang belakang akademisi bertarung di Pilkada. Bahkan mereka sukses menjalankan roda pemerintahan.

“Sebelumnya ada Prof Mansur Ramli, ia pernah pernah maju di Pilgub Sulsel, dan saat ini mencuat nama Prof Nurdin Abdullah. Sedang di Pilwalkot Makassar ada Dr Hasbi Ali, saat ini ada beberapa nama baru seperti Andi Mustaman yang mencuat di media,” jelasnya.

Namuan, kata Firdaus, beberapa akademisi yang pernah menjadi kepala daerah juga sukses menjalankan roda pemerintahan seperti Moh Roem juga sukses memimpin Sinjai selama dua periode. Tak hanya itu, mantan Wali Kota Makassar periode 1999-2004 yang memiliki latar belakang akademisi dengan gelar doktor Ilmu Hukum.

“Selain kedua tokoh ini, kepala daerah yang berlatar belakang akademisi atau tokoh pendidikan yang sukses yakni  Prof. Tandi Roma Andi Lolo. Ia adalah mantan Bupati Tana Toraja periode jabatan 1989-1995. Tokoh yang satu ini dijuluki sosok yang serba bisa karena kiprahnya bukan hanya di dunia akademisi tapi juga di bidang pemerintahan,” paparnya.

Halaman:

BACA JUGA