Hebat! Tim Aplikasi Nongki UINAM Wakili Makassar di Kompetisi Nasional NextDev 2016

Sabtu, 12 November 2016 | 09:42 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Ahmad Syadiq - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Aplikasi Nongki ciptaan mahasiswa dan alumni jurusan Teknik Informatika (TI) Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Alauddin Makassar terpilih untuk mewakili Makassar dalam mengikuti Kompetisi Startup Nasional Nextdev 2016 di Bandung pada 1-5 November lalu.

NextDev sendiri merupakan sebuah ajang kompetisi pembuatan aplikasi teknologi, baik website maupun mobile bagi anak muda Indonesia untuk membantu pemecahan masalah yang dihadapi kota & kabupaten di Indonesia. Misi utama dari NextDev adalah membantu terwujudnya Smart City di area perkotaan Indonesia dengan mengintegrasikan teknologi dalam segala aspek termasuk pemerintahan, penduduk, kesehatan, pendidikan dan transportasi.

pt-vale-indonesia

Nongki merupakan salah satu peserta program NextDev 2016 dan juga merupakan salah satu dari 20 finalis yang terpilih. Dari kategori agrikultur Nongki mewakili kota Makassar.

Keduapuluh finalis tersebut selanjutnya mengikuti serangkaian kegiatan bootcamp yang dipusatkan di Bandung Digital Valley pada awal November 2016 lalu. Para finalis memperoleh pelatihan dan pendampingan secara intensif dari beberapa pakar untuk mengembangkan technical maupun soft skills, mulai dari teknik melakukan coding, marketing skills, hingga communications skills.

Setelah bootcamp, tahapan seleksi final diadakan untuk menentukan tiga tim terbaik yang memperoleh hadiah utama yang disebut dengan 6M, yakni Market Access (akses pasar), Marketing (publisitas), Mentoring (pelatihan dan pendampingan), Management Trip (study visit ke pelaku industri telekomunikasi di luar negeri), Money (uang tunai), dan Monetizing (peluang besar untuk memperoleh pendapatan melalui kolaborasi dengan stakeholder terkait).

Halaman:

BACA JUGA