Cegah Pungli, Dispenda Sulsel Pasang CCTV di Samsat

Kamis, 24 November 2016 | 12:38 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com – Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Sulsel sangat serius menindaklanjuti instruksi Presiden RI Joko Widodo mengenai pelayanan maksimal kepada masyarakat tanpa pungli dengan memasang CCTV atau kamera pengintai di sejumlah kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Makassar.

Sekretaris Dispenda Sulsel Muhammad Hatta, mengatakan pihaknya siap memberikan pelayanan zero pungli dan zero percaloan.

pt-vale-indonesia

Upaya yang dilakukan dalam mencegah praktek pungutan liar (Pungli) adalah memasang CCTV di titik-titik rawan transaksi antara petugas Samsat dan wajib pajak.

Antara lain di ruang pelayanan loket, penyerahan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) dan area Cek Fisik kendaraan. “Area tersebut rawan transaksi gelap oleh oknum yang memanfaatkan situasi untuk kepentingan pribadinya. Makanya kami pasangi CCTV,” katanya.

Untuk memudahkan pemantauan, para pejabat Samsat dapat mengakses CCTV melalui smartphonenya meski sedang tidak berada di dalam area kantor. “Pak Kadis, saya, kepala UPTD Samsat, dan pejabat lainnya sudah dapat melihat CCTV dari kantor maupun dari luar kantor karena sudah terkoneksi dengan smartphone kami,” kata Hatta.

Halaman:

BACA JUGA