FOtO: Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel/Rabu, 8 Februari 2017/Mirsan/Gosulsel.com

Dinas KUKM Dorong Tiap Desa di Sulsel Lahirkan 20 Wirausahawan Baru

Rabu, 08 Februari 2017 | 13:06 Wita - Editor: Sapriady Putra - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, Gosulsel.com – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) Sulsel akan mendorong lahirnya 20 wirausahawan baru di tiap desa dan kelurahan di Sulsel. Selain memberikan pendidikan dan pelatihan, mereka juga akan difasilitasi bantuan modal.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Syamsu Alam Ibrahim mengungkapkan, pada tahun 2016 lalu, pihaknya sudah memberikan pendidikan dan pelatihan kepada 1.178 ketua kelompok wirausahawan baru. Sasarannya adalah generasi muda putus sekolah dan mempunyai jiwa entrepreneurship.

pt-vale-indonesia

“Mereka ini dijaring oleh tim pendamping yang telah ditunjuk Dinas KUKM, kemudian dilakukan pelatihan wirausaha. Kelompok yang ikut, diseleksi lagi tim independen untuk mendapatkan bantuan modal,” kata Syamsu Alam, saat Pemaparan Program Strategis SKPD Lingkup Pemprov Sulsel, di Kantor Gubernur, Rabu (8/2/17).

Ia menargetkan, hingga tahun 2018 mendatang tercipta 20 pengusaha baru tiap desa dan kelurahan. Program ini sudah berjalan selama tiga tahun terakhir.

“Tahun ini, seluruh desa dan kelurahan mendapatkan jatah wirausaha baru. Rencananya, kami akan berikan pelatihan hingga empat ribu orang atau naik 400 persen dibanding tahun sebelumnya,” ungkapnya.(*)


BACA JUGA