DPRD Kutai Kartanegara Belajar Peningkatan Produksi Padi di Maros

Sabtu, 04 Maret 2017 | 23:37 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

Maros, Gosulsel.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Provinsi Kalimantan Timur, melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Maros, Sabtu (04/03/2017).

Kunjungan ini dipimpin Ketua Komisi II DPRD Kukar, Abdul Rasid dan diterima Assisten I Sekda Maros Burhanuddin dan Plt Kadis Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Maros, Muh Nurdin serta sejumlah pejabat terkait.

pt-vale-indonesia

Pertemuan pejabat kedua daerah yang berlangsung di ruang rapat Wakil Bupati Maros, diisi dengan perkenalan dan diskusi.

Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Maros, H Zainuddin menyampaikan, kunjungan DPRD Kukar ini untuk mengetahui langkah-langkah strategis Pemkab Maros terutama Dinas Pertanian dalam peningkatan produksi padi.

“Mereka mendapat informasi bahwa Maros merupakan salah satu daerah dengan potensi pertanian yang baik dan menjadi salah satu penghasil padi di Sulsel”, ujarnya.

Selain mempelajari peningkatan produksi pertanian, DPRD Kukar juga ingin mengetahui pemasaran hasil pertanian, terutama padi. Terkait hal tersebut, H Zainuddin menyampaikan, hal itu dilakukan dengan melakukan kerja sama antar kelompok tani, baik dari sistem budidaya tanaman maupun pemasaran hasilnya.

“Saat ini, berdasarkan data Maros, menempati urutan kelima untuk kenaikan produksi lima persen komoditi padi tahun 2015-2016 di Sulsel. Tahun 2015, Maros memproduksi 351.169 ton padi dan tahun 2016 memproduksi 313.972 padi dengan persentase 10,59,” ungkapnya.(*)


BACA JUGA