FOTO: Mahasiswa Poltekpar Negeri Makassar mengadakan kunjungan ke Toraja

Poltekpar Negeri Makassar Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru 2017

Minggu, 12 Maret 2017 | 18:07 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Citizen Reporter

Makassar, Gosulsel.com — Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Negeri Makassar kembali membuka Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (Pensisba) tahun akademik 2017/2018. Pendaftaran terbagi atas dua gelombang, yang pertama melalui jalur Seleksi  Bersama Masuk Sekolah Tinggi, Akademi dan Politeknik Pariwisata (SBMSTAPP) yang diselenggrakan oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, sedangkan gelombang kedua melalui Jalur Seleksi Mandiri Masuk (SMM) yang diselenggarakan oleh Poltekpar Negeri Makassar.

Pendaftaran jalur SBMSTAPP akan dibuka pada tanggal, 13 Maret – 9 Juni 2017. Pendaftaran jalur SMM akan dibuka pada tanggal, 1 April – 14 Juli 2017. Pendaftaran dilakukan secara online melalui website http://pensisba.poltekpar-makassar.ac.id.

pt-vale-indonesia

Kepala Sub Bagian Administrasi Kemahasiswaan Islahuddin, S.Sos., M.Si. mengatakan, kuota mahasiswa yang akan diterima pada tahun 2017 sebanyak 500 orang mahasiswa baru. Dengan komposisi 75 persen yang akan diterima malaui jalur SBMSTAPP sementara sisanya 25 persen akan diterima melalui jalur SMM.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya Poltekpar Negeri Makassar juga membuka pendaftaran jalur bebas ujian tulis bagi siswa berprestasi dan bantuan biaya pendidikan bagi siswa berprestasi namun kurang mampu secara ekonomi. Program bebas tes tulis dan bantuan biaya pendidikan dikhususkan untuk jalur SMM. Pada saat telah berkuliah nantinya, Poltekpar Negeri Makassar juga menyediakan beasiswa bagi mahasiswa yang memiliki prestasi di bidang akademik, kesenian, dan olahraga.

Poltekpar Negeri Makassar memiliki tiga jurusan yakni Jurusan Hospitality, Perjalanan dan Kepariwisataan. Jurusan Hospitality terdiri atas Program Studi  (Prodi) D3 Manajemen Divisi Kamar, D3 Manajemen Tata Hidangan, D3 Manajemen Tata Boga dan D4 Administrasi Perhotelan. Jurusan Perjalanan terdiri atas Prodi D3 Manajemen Bisnis Perjalanan Wisata, D4 Manajemen Bisnis Perjalanan dan D4 Manajemen Bisnis Konvensi dan Perhelatan.  Jurusan Kepariwisataan hanya memiliki satu program studi yakni D4 Manajemen Kepariwisataan.

Poltekpar Negeri Makassar Terakreditasi BAN-PT, telah memiliki sertifikat akreditasi dari Tourism Educatation Quality (TEDQUAL) yang dikeluarkan oleh United Nation World Tourism Organization (UNWTO). Selain itu Poltekpar Negeri Makassar bekerjasama dengan berbagai lembaga baik dalam maupun luar negeri di antaranya dengan Japan International Cooperation Agency (JICA), Swisscontact, Korean International Cooperation Agency (KOICA), Intitute Francais Indonesia (IFI), Senior Experten Service (SES) Jerman, PUM Netherland serta Badan Nasional dan Internasional lainnya.(*)


BACA JUGA