Pemprov Sulbar Belajar Dokumentasi di Biro Humas & Protokol Sulsel

Senin, 13 Maret 2017 | 11:40 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Barat (Sulbar) belajar pendokumentasian di Biro Humas dan Protokol Setda Sulsel. Rombongan yang dipimpin Kasubag Pendokumentasian Biro Humas dan Protokol Pemprov Sulbar, Aslia, diterima Kepala Bagian Humas Setda Sulsel, Badaruddin didampingi Kasubag Layanan dan Penyaringan Informasi Elvira Jayanti, Senin (13/3/2017).

Aslia mengatakan, kedatangannya bersama rombongan ke Biro Humas dan Protokol Setda Sulsel, untuk belajar bagaimana sistem pendokumentasian di instansi tersebut. Ia mengaku beberapa kali kesulitan ketika ada yang meminta foto-foto atau video terkait kegiatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulbar, apalagi yang sudah beberapa tahun sebelumnya.

pt-vale-indonesia

“Kami kesulitan karena sistem pendokumentasian kami kurang bagus. Inilah yang ingin kami benahi, dengan melihat seperti apa sistem yang digunakan sekarang,” kata Aslia.

Sementara, Badaruddin menjelaskan, di Bagian Humas memang ada staf yang bertugas untuk mengurusi masalah pendokumentasian. Mulai dari foto-foto, video, hingga rilis berita yang sudah naik di media cetak, online, radio, dan televisi.

“Hasil dokumentasi yang diambil di lapangan dikumpulkan, di hard disk, kemudian ada juga back up data. Hasil dokumentasi ini dipilah berdasarkan tanggal, bulan, dan tahun, sehingga gampang mencarinya ketika dibutuhkan,” jelas Badaruddin.

Selain itu, hasil dokumentasi juga diupload ke website, facebook, dan sosial media lainnya.

“Berita-berita terkait Pemprov Sulsel juga kami kliping untuk diserahkan ke pimpinan. Jadi, kalau mereka tidak sempat baca koran, bisa langsung lihat beritanya disitu. Selanjutnya, kami juga buatkan buku tahunan,” terangnya.

Tidak sampai disitu, naskah sambutan yang dibacakan Gubernur Sulsel, Wakil Gubernur Sulsel, dan Sekprov Sulsel dalam setiap acara, juga dikumpulkan untuk dibuatkan sebuah buku tahunan. (*)


BACA JUGA