Serikat Buruh di Makassar Demo Tuntut UMP

Senin, 01 Mei 2017 | 11:27 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Fajrin Amnur - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Puluhan buruh yang tergabung dalam Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) melakukan aksi unjuk rasa dalam rangka memperingati Hari Buruh dibawah jembatan Fly Over di Jalan Urip Sumohardjo Makassar, Senin (1/5/2015). Mereka menuntut upah minimum provinsi (UMP) Rp2.500.000 perbulan.

Ketua Koordinator Wilayah SBSI Sulsel, Andi Massaguni mengatakan pihaknya prihatin dengan kondisi buruh khususnya kesejahteraan mereka. Untuk itu, ia meminta pengusaha maupun pemerintah lebih memperhatikan dan mewujudkan perlindungan sejati bagi buruh.

pt-vale-indonesia

“Kami menuntut UMP Rp2.500.000 perbulan dan sesuai UMK minimal Rp100.000 perhari,” kata Andi Massaguni, dalam orasinya.

Dalam aksi itu, pendemo dari SBSI juga membawa spanduk dan poster yang menuntut nasib buruh diperhatikan. Demonstran yang kebanyakan mengenakan kaos warna merah ini juga menuntut penghapusan sstem tenaga kerja kontrak.

“Kami juga minta penghapusan buruh kontrak dan mendaftarkan semua buruh menjadi peserta BPJS baik ketenagakerjaan maupun kesehatan,” jelasnya.

Berdasarkan pantauan GoSulsel,com, para pengunjuk rasa saling bergantian melakukan orasi diatas mobil. Puluhan aparat kepolisian setempat berjaga menjaga keamanan dan ketertiban unjuk rasa.(*)

 


BACA JUGA