Masaki Tani, Kepala Kantor Konsular Jepan di Makassar ajak Pemkab Soppeng kerjasama dibidang sutra

Orang Jepang Ini akan Kembalikan Kejayaan Sutra di Soppeng

Selasa, 16 Mei 2017 | 15:28 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Yusuf Muhammad - Go Cakrawala

Soppeng, GoSulsel.com – Tim Consular Office of Japan berkunjung di Kabupaten Soppeng dalam rangka mengembangkan dan membangkitkan kembali kejayaan persuteraan Soppeng.

Tim yang terdiri dari Masaki Tani Kepala Kantor Konsular Jepan di Makassar, Sakuma mantan dosen di Tokyo University of Foreign Student, Abdul Hakim Community Care and Development Manager of Yayasan Haji Kalla dan Monica staf kantor konsuler Jepang di Makassar yang di terima oleh Wakil Bupati Soppeng Supriansa di rungannya, Selasa (16/05/2017).

pt-vale-indonesia

Perbincangan serius antara Masaki Tani dengan Supriansa selaku pemerintah daerah Kabupaten Soppeng dengan menerangkan atas kunjungannya untuk membantu membangkitkan persuteraan alam khususnya di Kabupaten Soppeng.

“Inilah inisiatif kami akan melakukan kerjasama dengan pemerintah Kabupaten Soppeng karena dalam sejarah penghasil sutera terbaik di Sulsel,” ucap Masaki Tani.

Masaki Tani mengakui pula bahwa kerjasama yang akan dibangun bersama Pemkab Soppeng yakni dalam bentuk bibit (telur) hingga produksi pemasaran namun yang sering muncul kurangnya lahan untuk ditanami (murbei) makanan ulat.

Sedangkan Supriansa menanggapi dengan tangan terbuka dan berkata kepada siapa saja yang akan mengembangkan persuteraan di Kabupaten Soppeng akan dibantu.

“Pemerintah akan siapkan lahan,” ungkapnya.

Selain itu, mantan pengacara ini berharap untuk mengembangkan sutera di Kabupaten Soppeng agar didirikan industri atau pabrik sehingga dapat menciptakan lapangan kerja. (*)


BACA JUGA