Desa Panakkukang, Kecamatan Palangga, Gowa berhasil terpilih sebagai Desa ODF tingkat Sulsel/Senin, 22 Mei 2017/Andi Gumintiri/Gosulsel.com

Desa Panakkukang di Palangga Gowa Raih Penghargaan ODF Tingkat Provinsi

Senin, 22 Mei 2017 | 16:23 Wita - Editor: Irwan Idris -

Makassar, Gosulsel.com – Desa Panakkukang, Kecamatan Palangga, Kabupaten Gowa terpilih sebagai desa terbaik kategori Open Defecation Free (ODF) tingkat provinsi se-Sulawesi selatan.

Konsep ODF yaitu sebuah kawasan di mana masyarakatnya tidak berperilaku buang air besar di sembarang tempat. Penghargaan Desa ODF yang diterima Desa Panakkukang ini pun diapresiasi penuh oleh Bupati Gowa, Adnan Purcihta Ichsan.

pt-vale-indonesia

Diketahui, masyarakat Desa Panakkukang, Kecamatan Palangga bahu membahu selama sebulan melakukan pembersihan dan pembenahan setiap sarana umum, utamanya yang menjadi fokus pengamatan tim penilai lomba Desa ODF.

Camat Palangga, Indra Wahyudi Yusuf mengatakan masyarakat Desa Panakkukang bisa meraih penghargaan tersebut karena semangat gotong royong masih terjaga dengan baik. “Desa harus kuat baik itu aparatur desanya sampai kepada masyarakatnya untuk bersatu padu berperan aktif dan memperkuat kegotong-royongan. Jika desa sudah hebat dan kuat secara otomatis kecamatan dan kabupaten akan kuat juga,” ujarnya.

Masyarakat pun merasa sangat gembira dengan terpilihnya Desa Panakkukang menjadi Desa ODF tingkat provinsi Sulawesi Selatan, “Masyarakat desa panakkukang sangat antusias dan senang dengan terpilihnya kembali desa Panakukang di tingkat provinsi setelah sebelumnya menang di tingkat Desa bersih se kecamatan mengalahkan dusun lain di sekitar palangga,” ungkap Haena (38), warga Desa Panakkukang.

Haena berharap dengan adanya pelaksanaan kegiatan lomba Desa ODF ini, Desa Panakkukang bisa lebih maju, berkembang, dan bisa menang untuk mewakili desa Sulawesi Selatan di Jakarta. (*)

Desa Panakkukang, Kecamatan Palangga, Gowa berhasil terpilih sebagai Desa ODF tingkat Sulsel/Senin, 22 Mei 2017/Andi Gumintiri/Gosulsel.com


BACA JUGA