Makam Syekh Yusuf di Katangka Ramai Dikunjungi Jelang Ramadhan

Jumat, 26 Mei 2017 | 17:52 Wita - Editor: Irfan Wahab -

Makassar, GoSulsel.com – Makam Syekh Yusuf di Katangka, Kabupaten Gowa yang telah berdiri beratus tahun ini menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi peziarah sebelum memasuki bulan suci Ramadhan.

Muh Yunus (71) penjaga makam Syekh Yusuf di Katangka mengatakan dulunya para pengunjung akan mulai ramai di awal bulan Rajab, namun belakangan, makam Syekh Yusuf baru ramai peziarah seminggu sebelum masuknya bulan Ramadhan.

pt-vale-indonesia

“Kalau mau masuk puasa seperti ini, biasanya hampir 100 orang yang bisa datang berziarah per harinya, biasanya  berasal dari kalangan umum tapi beberapa juga ada dari turunan lansung dari tuan ta Salama Syekh Yusuf,” kata Yunus yang telah menjaga makam selama 47 tahun.

Selain itu, pengunjung yang datang juga berasal dari berbagai kalangan dan wilayah, seperti para pejabat pemerintah, Wakil Presiden, turis luar negeri dan juga beberapa peneliti yang berasal dari Australia dan Malaysia.

Untuk pemeliharaan dan kebersihan area makam, Yunus dan ke 5 rekannya menggunakan sumbangan seikhlasnya dari para peziarah yang datang kesini.

“Ini kan sudah menjadi tradisi masyarakat Makassar, jadi kami selaku penjaga disini juga mengawasi para peziarah yang takutnya mendekati hal-hal yang sudah berada diluar agama, karena makam ini bertujuan untuk bersilaturahmi dan memanjatkan doa kepada tuan ta Salama Syekh Yusuf,” jelasnya. (*)


BACA JUGA