Duta Besar Prancis akan Teken MoU di F8 Makassar

Sabtu, 09 September 2017 | 15:58 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar,Gosulsel.com – Prancis akan tandatangani kerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar. Melalui Dubes Jean-Charles Berthonnet dan Wali Kota Makassar akan teken MoU terkait kerja sama di bidang smart city, sore ini, di hari ke empat F8, Sabtu (09/09/2017).

Terkait hal tersebut, Jean-Charles Berthonnet secara khsusus melakukan pertemuan dengan Danny di Rujab Walikota, Jumat malam, 8 September. Dubes Prancis juga meminta agar dua artis international yang mereka bawah dari negaranya diberi slot dua jam tampil di F8.

pt-vale-indonesia

“Hari ini ada pertemuan dengan Thailand, Dubes Prancis, saya juga ketemu dengan Konsul India. Saya kira ini lagi- lagi sebuah kehormatan untuk kota Makassar. Dengan Prancis kita memperkuat hubungan kerja sama kemarin,” ujar Danny.

Danny membenarkan jika besok akan dilakukan penandatanganan MoU dengan Engie Ineo yang merupakan salah satu perusahaan terbesar di Prancis yang bergerak di bidang rekayasa listrik, informasi dan sistem komunikasi.

Sementara itu, dari keterangan Kasubag Kerja Sama Antar Daerah/ Lembaga, Bagian Perekonomian dan Kerja Sama Pemkot Makassar Najiran Syamsuddin, berbagai kerja sama yang Makassar lainnya yakni, Kerjasama Lintas Perkotaan dengan Jogjakarta terkait Pengelolaan Air Bersih antara PDAM Makassar-PDAM Jogjakarta. Selanjutnya dengan Surakarta soal Pengembangan Potensi Pariwisata.

Untuk Kerjasama Luar Negeri yakni Kerja sama dengan Engie Ineo Perancis tentang Teknologi Pengembangan Smart City dan Savety City ditandai dengan MoU serta Kerja sama Letter Of Intens bersama Kota Kaohsiung tentang Pengembangan pembangunan dan perdagangan.

“Saat ini sedang melakukan penjajakan kerjasama dengan Makassar yaitu New Zealand untuk Energi Terbarukan, Georgia di bidang Pariwisata, dan Afganistan pada sektor Perdagangan,” terangnya.(*)


BACA JUGA