Bupati Maros Serahkan Bantuan ke Sekolah

Selasa, 14 November 2017 | 18:00 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

Maros,GoSulsel.com – Bupati Maros, Hatta Rahman menyerahkan bantuan dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) untuk mendukung penyediaan kebutuhan sekolah bagi terwujudnya Sekolah Ramah Anak (SRA) di Kabupaten Maros. Selasa (14/11/2017).

Bantuan tersebut diserahkan sejumlah sekolah masing-masing sebesar 25 juta diantaranya untuk SDN 138 Inpres Allu, SMPN 25 Cenrana, MIN 1 Maros Baru dan MTs Negeri 1 Maros.

pt-vale-indonesia

“Bantuan ini diserahkan agar segala hal yang menjadi prioritas dalam SRA bisa terpenuhi. Sehingga, sejak dini SDM khususnya di Maros bisa terjaga dengan baik,” katanya. 

Kepala Dinas PPPA Maros, Muhammad Idrus mengatakan, Penerapan SRA penting mengingat delapan jam dalam sehari anak berada di sekolah sehingga menjaga dan melindungi anak selama waktu itu harus menjadi hal yang prioritas dan dilakukan bersama-sama semua unsur yang ada di sekolah. 

“Mulai dari Kepala Sekolah, Guru, Guru BK, Penjaga sekolah, Pengelola kantin sekolah, dan lain-lain,” jelasnya. 

Untuk itu, menurutnya, sangat perlu adanya kerjasama yang baik dan terarah antara sekolah dengan orang tua, lembaga masyarakat, dunia usaha maupun alumni untuk mendukungnya, yang dikenal dengan tiga pilar SRA yaitu Sekolah (satuan pendidikan), Orang Tua dan Peserta Didik.  

Selain itu diberikan juga bantuan pengembangan Pusat Kreatifitas Anak (PKA) kepada Badan Kerjasama Kesenian Indonesia (BKKI) Maros senilai 40 juta, yang diterima langsung Husni Siame sebagai Ketua BKKI. 

“Hal itu untuk mendukung pemenuhan hak anak atas kreatifitas dan budaya di daerah serta mendukung kelengkapan sarana pendukung kreatifitas untuk menunjang budaya lokal yang positif  baik dalam bentuk kesenian maupun keterampilan yang menumbuhkan kreatifitas dan membantu tumbuh kembang anak,” tambahnya.

Asdep Pemenuhan Hak Anak Atas Pendidikan, Kreatifitas dan Budaya, Elvi Hendarni berharap bantuan tersebut dapat dimanfaatkan untuk mendorong pelaksanaan Sekokah Ramah Anak di Maros, serta pemanfaatan waktu luang anak dengan memanfaatkan Pusat Kreatifitas Anak dengan mengembangkan bakat dan minat seni di bawah binaan BKKI Maros.(*)


BACA JUGA