Ini Tujuan Polres Gowa Latihan Tactical Floor Game

Selasa, 06 Februari 2018 | 19:59 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, Gosulsel.com – Kekuatan para personil pengamanan Pilkada 2018 terus diasa. Seperti dilakukan oleh Polres Gowa menggelar latihan Tactical Floor Game (TFG).

Latihan dilakukan di Gedung Dharma Wanita, Jl  Habibu Kulle, Kelurahan  Sungguminasa, Kecamatan Somba Opu. Sebelumnya giat ini juga telah dilakukan pada Sabtu (20/01) lalu di pelataran Museum Balla Lompoa. 

Tactical Floor Game sendiri merupakan merupakan bagian dari skenario latihan untuk mematangkan rencana operasi yang telah disusun bersama staf dan pelaku latihan. 

TFG sendiri dilakukan dengan maksud untuk menyempurnakan latihan sebelumnya, sehingga pengetahuan dan keterampilan personil benar-benar siap untuk menghadapi situasi terburuk apapun dengan konsep over estimate. Hal tersebut disampaikan Kapolres Gowa, Shinto Silitonga dihadapan para personil. 

“Latihan yang turut di dukung juga oleh kekuatan Kodim 1409 Gowa bersama dengan Satpol PP Kabupaten Gowa ini kemudian dianalogikan akan menghadapi Empat situasi Kontijensi,” ungkap AKBP Shinto Silitonga. Selasa (6/02/2018)

Situasi pertama, dimana akan terjadi kejadian sejumlah massa yang ingin mencoblos di TPS, lantas nama mereka tidak terdaftardi DPT, akhirnya di tolak oleh KPPS, akibatnya terjadi keributan yang akan dihadapi Personil Polres yang sedang dalam posisi PAM TPS.

Situasi Kedua, Akan ada massa yang tidak puas di TPS menggalang kekuatan untuk menghadang logistik kotak suara yang dibawa dari TPS ke PPK di tengah jalan.

Sementara itu, Situasi Ketiga, massa dengan eskalasi yang lebih besar melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor PPK meminta agar dilakukan pemungutan suara ulang, meskipun situasi memanas, namun dapat disolusikan.

Situasi terakhir yakni, massa pendemo dengan eskalasi sangat besar melakukan aksi unras di Kantor KPU Kab Gowa yang mengarah pada anarkisme massa.

Akan terlihat jelas dalam latihan ini seperti apa tahapan-tahapan yang diambil atau dilakukan oleh Kapam Objek. Akan muncul perintah-perintah yang bersifat taktis sehingga mengharuskan Kapilres mengambil keputusan bertindak tegas terhadap anarkisme massa. 

“Setelah melihat tahapan-tahapan dalam latihan tadi, ini juga yang akan kita lakukan dalam Sispamkota di lapangan,” tutur Kapolres Gowa.(*)

pt-vale-indonesia

 


BACA JUGA