Kampus Berprestasi, UMI Dipilih jadi Tuan Rumah Olimpiade Nasional

Rabu, 21 Maret 2018 | 12:59 Wita - Editor: Baharuddin -

Makassar, Gosulsel.com – Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON-MIPA PT) Tingkat Wilayah IX Tahun 2018 diselenggarakan di Universitas Muslim Indonesia (UMI). Olimpiade yang diadakan rutin tiap tahun ini, sudah memasuki tahun ke-10 nya.

Kasubdit Penalaran dan Kreativitas Kemenristekdikti Misbah Fikrianto mengatakan, kali ini dipilih Universitas Muslim Indonesia (UMI) sebagai tuan rumah karena UMI merupakan universitas yang berprestasi.

pt-vale-indonesia

“Kita memang adakan setiap tahun rutin. Ini sudah yang ke 10 kali. UMI memang universitas yang berprestasi, sudah terbukti. Dan memang fasilitasnya lengkap,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III UMI Makassar Prof Abdul Gani mengatakan, UMI selalu menunjukkan keseriusan terhadap pengembangan mahasiswa.

“UMI dari sekian kali ikut selalu mewakili kopertis wilayah IX. Bahkan bidang Biologi 2017, UMI masuk 4 besar di tingkat nasional,” ungkapnya.

Dijelaskannya, sebelum mengikuti kompetisi atau olimpiade, UMI memberikan pembekalan kepada mahasiswa yang ikut berkompetisi. Sebelum mengikuti kompetisi nasional, mahasiswa UMI melakukan persiapan selama 2 bulan.

“Persiapannya mulai dari seleksi di tingkat fakultas lalu tingkat universitas. Kita lakukan pembimbingan, ahli dari setiap bidang yang akan mengajari mereka. Di setiap event UMI selalu paling tidak di 20 besar. Tahun lalu, bidang Biologi UMI masuk 2 besar,” jelasnya.

Diharapkannya, mudah-mudahan UMI kedepan pada seleksi wilayah ini bisa meloloskan 4 bidang karena tiap wilayah akan meloloskan 24 mahasiswa, setiap bidang 7 orang mahasiswa.


BACA JUGA