Kanrerong di Karebosi Resmi Dibuka Oleh Wali Kota Makassar

Jumat, 17 Agustus 2018 | 22:45 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Indra Ahmad - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com — Wali Kota Makassar membuka secara resmi penggunaan pusat kaki lima Kanrerong ri Karebosi, Sabtu 17 Agustus 2018. Dalam kesempatan tersebut, Danny mengatakan Kanrerong yang menjadi pusat penataan PK5 di Makassar itu akan jadi contoh nasional.

“Kesuksesan Kanrerong ri Karebosi ini adalah kesuksesan pedagang kaki lima kita, kesuksesan kita semua. Mohon terus diperhatikan kebersihan, penataannya, kita ingin model penataan Kaki Lima di sini jadi contoh nasional,” ucap Danny.

pt-vale-indonesia

Dalam suasana yang diluputi semangat kemerdekaan RI ke 73, peresmian mengusung tema ‘Makan Bersama Rakyat’. Inilah titik start dimulainya pergulatan ekonomi makro yang menampung seluruh PK5 di Makassar.

Sebanyak 300 booth yang terpasang di sisi selatan Lapangan Karebosi ini adalah para PK5 yang direlokasi dari para pedagang kaki lima yang dulunya berada di Jln Mesjid Raya, Jln Sunu, dan Jln Pettarani.

“Sejak awal di pemerintahan kami memang tidak mengenal istilah menggusur. Tapi kalau digeser-geser sedikit tidak apa-apa, berarti itu adalah penataan,” pungkas Danny Pomanto.

Booth di Kanrerong diserahkan secara gratis bagi PK5 yang menempatinya. Ia juga terus mendapat binaan dan bimbingan dari SKPD Pemkot Makassar.

Danny menargetkan setiap pedagang mampu beromset Rp 2 juta per malam. Jika demikian, ia memastikan kemiskinan di kota ini akan jauh lebih turun, inflasi semakin turun juga, dan tentunya perekonomian bisa semakin meningkat.

Menurut hitungan, dari tempat itu saja bisa menyumbang PAD Rp 17 miliar per tahun. Sementara modal pemerintah dalam membangun Kanrerong hanya dikisaran Rp 9 miliar.

“Kalau ada 10 saja tempat begini maka PAD kita akan bertambah Rp 170 miliar pertahun. Ini bukan lagi 2x tambah baik. 2x2x tambah baik. PAD awal pemerintahan kami di angka Rp 500 juta, saat ini sudah Rp 1,5 triliun.

Kegiatan ini juga dihadiri Kapolrestabes Makassar, Dandim 1408/ BS, Ketua Majelis Ulama Makassar dan dari Gojek Indonesia.(*)


BACA JUGA