Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksk Provinsi Sulawesi Selatan terus melalukan perbaikan jalan di ruas provinsi. Hal ini dilakukan untuk menciptakan kondisi jalan yang berkualitas dan berkeselamatan.

Laksanakan Intruksi NA, Bina Marga Siapkan Rp20 M

Selasa, 18 September 2018 | 17:23 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Laksanakan Intruksi NA, Bina Marga Siapkan Rp20 M

Makassar,Gosulsel — Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi langsung menindaklanjuti Intruksi Gubernur Sulsel Prof HM Nurdin Abdullah terkait dukungan pembangunan jalan untuk mendukung sektor pariwisata di Kabupaten Bulukumba.

pt-vale-indonesia

Intruksi itu merupakan janji Prof Nurdin Abdullah saat melakukan kunjungan dalam rangka menutup Festival Pinisi akhir pekan lalu. Dalam kesempatan itu, NA berjanji akan memperbaiki dua jalan tersebut yakni jalan Mandala Ria dan Appalarang.

Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Sulsel, Jumras mengatakan pihaknya telah mendatangi dan mengukur jalan tersebut tepatnya, Minggu (16/9) lalu. Tim langsung lmenghitung berapa luas dan lebar jalan di Kabupaten Bulukumba.

“Kami langsung turun mengukur, Alhamdulillah sudah terukur semua berapa ruas jalan lengkap dengan biayanya. Kami juga telah menyiapkan rencana dan anggaran yang akan dimasukkan ke APBD 2019,” ungkapnya, Selasa (18/9).

Menurutnya, panjang jalan yang menghubungkan Mandala Ria ke Appalarang 1375 meter dengan lebar jalan sekitar 10 meter dan rencana badan jalan 7 meter. Kemudian bahu dan saluran kiri kanan jalan 3 meter.

“Ada dua alternatif pengerjaannya, pertama menggunakan rigid (beton) estimasi anggaran Rp13,725 miliar atau aspal sekitar Rp11,895 miliar. Kalau melihat struktur tanah di sana yang merupakan karang, bagus pakai beton,” jelasnya.

Sementara untuk jalan di kawasan wisata Bira, yang akan dikerjakan sepanjang 794 meter dan lebar setiap ruas masing-masing 5 meter. Selain itu, juga ada bagian saluran dan pedistrian.

“Kalau pedistrian kita kerjakan trotoar dan taman, anggaran untuk kawasan Bira ini sekitar Rp8,150 miliar. Tapi ini masih kita koordinasi dengan Pemkab, mana yang bisa dikerjakan,” ungkapnya.(*)


BACA JUGA