Rusmin Nuryadin (tengah) sutradara dan penulis naskah serial web "Jalangkote Rasa Keju"
#

Serial Web Cara ‘ Milineal ‘ Menikmati Film Secara Daring

Minggu, 04 November 2018 | 17:34 Wita - Editor: Irwan AR -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Tayangan Televisi yang kian membosankan bagi masyarakat yang kian melek dengan teknologi informasi, khususnya generasi milineal berpadu dengan kian luas dan mudahnya akses terhadap jaringan internet membuat salah satu bentuk hiburan film berpindah medium.

Yup, beberapa tahun ini di Indonesia kian marak sajian hiburan berupa film atau video yang dinikmati lewat daring berbagi video seperti youtube. Disebut serial web atau webserial.

pt-vale-indonesia

Dikutip dari wikipedia, serial web ini punya pengertian sebagai serangkaian video skrip atau non-skrip, umumnya berbentuk episodik, dirilis di Internet dan merupakan bagian dari televisi web, yang pertama kali muncul pada akhir tahun 1990-an dan menjadi lebih menonjol di awal tahun 2000-an (dekade).

“Sebuah contoh program serial web bisa disebut episode atau “webisode”, namun istilah terakhir tidak sering digunakan. Secara umum, serial web bisa ditonton di berbagai platform, termasuk desktop, laptop, tablet dan ponsel cerdas. Mereka juga bisa ditonton di televisi,” jelas wikipedia.

Korea Selatan dikenal paling getol memoproduksi serial web yang membuat penetrasi ekspansi budaya popnya semakin kuat, terutama di Indonesia.

Pada tahun 2013, situs streaming video Netflix memperoleh nominasi Primetime Emmy Award pertama untuk televisi web daring khusus pada Primetime Emmy Awards ke-65. Tiga serial web-nya, House of Cards, Arrested Development dan Hemlock Grove, mendapat nominasi.[1]

Pada tahun 2016, ada sejumlah penghargaan yang diberikan pada produksi serial web teratas, termasuk Streamys, Webbys dan Indie Series Awards, dan beberapa festival serial web, termasuk Festival Serial Web Los Angeles dan Vancouver. Sebagian besar upacara penghargaan utama juga telah menciptakan kategori penghargaan seri dan media digital, termasuk Penghargaan Emmy dan Penghargaan Layar Kaca Kanada.

Di tanah air, serial web yang digarap serius dan menjadi cukup tenar sudah kian menjamur, seperti serial web “Switch”, “Gue Decide” yang berisi aktor-aktor tenar nan tampan, dan “Sore: Istri dari Masa Depan” yang langsung merebut hati penontonya yang setiap episodenya meraup 1,5 juta penonton.

Halaman:

BACA JUGA