Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bulukumba, Andi Akrim Amir
#

BPBD Bulukumba Imbau Warga Sepanjang Aliran Sungai dan Pegunungan Waspada

Kamis, 29 November 2018 | 19:21 Wita - Editor: Irwan AR - Kontributor: Asmaun - Gosulsel.com

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM — Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bulukumba, Andi Akrim Amir, mengimbau kepada warga yang bermukim di sepanjang aliran sungai dan pegunungan, diminta waspada pada musim hujan ini.

Imbauan tersebut dikeluarkan pihak BPBD menyusul derasnya hujan yang mengguyur wilayah Bulukumba beberapa hari terakhir ini. Curah hujan yang cukup deras ini berpotensi meluapnya air sungai serta menyebabkan tanah longsor.

“Sebagai langkah antisipasi kami mengeluarkan imbaun karena pihak Badan Metereologi dan Geofisika (BMKG) juga telah menyampaikan dan mengimbau agar meningkatkan kewaspadaan masyrakat selama musim hujan,” ungkap Akrim Amir, Kamis (29/11).

Dia menyebutkan, berdasarkan fenomena yang terjadi diwaktu silam, dan himbauan BMKG tersebut, pihaknya telah memasang berupa alat peraga, dibeberapa wilayah untuk menghimbau masyarakat untuk waspada.

”Kami sudah memasang baliho disejumlah titik berupa iimbauan agar masyarakat waspada. Terutama warga yang berada di daerah aliran Sungai dan pegunungan,” jelas Akrim.

Andi Akrim menyebutkan, beberapa wilayah kecamatan yang berpotensi terjadi banjir seperti Ujung Loe, Ujung Bulu dan sebagian kecamatan Gantarang. Sedangkan untuk longsor, sering terjadi di Kecamatan Kindang seperti di Desa Kindang, Kahayya dan Borong Rappoa.

”Khusus warga yang tinggal di daerah kecamatan Kindang harap waspada, karena disaat hujan deras melanda, tanah akan labil dan berpotensi longsor,” tutupnya. (*)


BACA JUGA