Ilustrasi flu/INT

Flu di Musim Hujan? Redakan dengan Konsumsi Makanan Minuman Ini

Senin, 03 Desember 2018 | 08:58 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOSULSEL.COM — Selain menghadirkan kenangan, musim hujan juga identik dengan serangan flu. Udara yang lebih dingin di musim hujan membuat tubuh lebih mudah terserang flu.

Namun jangan khawatir, jika Anda merasa mulai terserang flu, Anda bisa mengkonsumsi beberapa makanan dan minuman ini.

pt-vale-indonesia

1. Teh Hijau

Baru-baru ini sebuah penelitian yang dilakukan ilmuwan Jepang menyatakan bahwa minum 2 cangkir teh hijau setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit ini hingga 70%. Dua zat utama katekin dan teanin, merupakan antioksidan yang baik untuk mengatasi flu.

2. Jus Sayur

Membuat dan menikmati semangkuk salad mungkin baik dilakukan untuk mengatasi flu. Minum jus sayur dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Jus sayur kaya akan antioksidan. Ini adalah bentuk sayuran yang paling mudah Anda konsumsi saat Anda memiliki masalah dengan pencernaan.

3. Jahe

Salah satu makanan yang baik dikonsumsi saat terserang flu adalah jahe. Jahe dapat menghangatkan tubuh saat Anda terserang flu dan demam. Campurlah jahe dengan minuman kesukaan Anda. Untuk hasil terbaik, konsumsilah dalam keadaan hangat.

4. Jus Jeruk

Kandungan vitamin C yang tinggi dan karotenoid dalam jus jeruk adalah antioksidan kuat untuk melawan radikal bebas dan efektif untuk mencegah perkembangan virus influenza dalam tubuh Anda. Untuk mengatasi flu, minumlah 100% jus jeruk dan Anda bisa merasakan manfaatnya.

5. Air Putih

Air putih memang memiliki manfaat yang besar bagi tubuh, apalagi saat terserang flu. Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, minum air yang cukup dapat mengatasi hidung tersumbat saat flu. Air adalah pilihan yang jauh lebih baik daripada minuman berkafein yang memiliki efek diuretik dan dapat menyebabkan tubuh dehidrasi lebih cepat.

6. Madu

Air hangat yang ditambah dengan madu dan perasan lemon memiliki banyak manfaat untuk tubuh, terutama bagi Anda yang terserang flu. Paduan antara lemon dan madu berguna untuk mengatasi batuk.

Menurut Prof. Peter C. Molan, Ph.D., peneliti dari Universitas Waikato, Selandia Baru, madu juga memiliki anti-inflamasi komponen yang bisa mengatasi sakit tenggorokan.

7. Pisang

Pisang merupakan buah yang mudah dicerna karena teksturnya yang lembut, sehingga baik untuk kesehatan pencernaan Anda. Selain itu kandungan kalium yang tinggi pada pisang dapat membantu meringankan nyeri otot dan kram, dan mengatasi flu.

8. Bawang putih

Bawang putih merupakan makanan untuk flu yang penuh dengan antioksidan. Antioksidan ini menjadikan bawang putih sebagai agen antibakteri dan antivirus yang kuat dan dapat mempercepat proses penyembuhan pada individu yang menderita flu. Makanan yang sering dicampur pada sayuran ini memiliki kekuatan untuk menghancurkan mikroba dan juga mengurangi rasa sakit akibat hidung tersumbat.

9. Sayur sop

Kuah yang panas dari sayur sop akan memiliki efek yang menguntungkan yang sama seperti air putih dan teh panas. Ditambah lagi kaldu ayam yang berada di dalamnya memiliki efek anti-inflamasi pada tubuh yang dapat membantu menurunkan pembengkakan yang terjadi pada hidung dan bagian sinus. Sayuran yang ditambahkan pada kuah kaldu ayam ini juga penuh denganĀ antioksidanĀ dan fitokimia yang dapat membantu mempercepat pemulihan.

10. Ayam atau kalkun

Makan makanan berprotein saat flu dapat memberikan tubuh Anda asupan energi yang diperlukan untuk melawan penyakit. Unggas merupakan sumber protein yang sehat dan baik untuk mencukupi kebutuhan Anda saat tubuh sedang pada kondisi lemah.

Meskipun tubuh sangat tangguh dan dapat menghadapi sebagian besar penyakit tanpa bantuan, namun dorongan dari protein dapat memberikan energi pada sistem kekebalan tubuh dan membantu mempercepat pemulihan.(*)