Gempa Bumi berkekuatan 4,9 Skala Richter mengguncang Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat, Rabu (6/2/2019) sekitar pukul 12.23 WITA

Gempa 4.9 SR Guncang Mamuju Sulbar

Rabu, 06 Februari 2019 | 14:22 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAMUJU, GOSULSEL.COM — Gempa Bumi berkekuatan 4,9 Skala Richter mengguncang Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat, Rabu (6/2/2019) sekitar pukul 12.23 WITA.

Plt. Kepala Balai Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah IV Makassar, Joharman, mengatakan dari hasil analisis gempa bumi berada di kedalaman 8 kilometer.

pt-vale-indonesia

“Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa bumi ini berkekuatan M=4.9. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2.96 LS dan 118.52 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 36 kilometer barat daya Kecamatan Tapalang Barat, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat pada kedalaman 8 Km,” jelasnya.

“Dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas patahan naik Selat Makassar yang berdekatan dengan pusat epicenter,” lanjutnya.

Joharman juga menyebutkan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami dan meminta warga untuk tetap tenang serta tidak mudah percaya pada isu isu yang tidak benar.

“Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Mamuju IV MMI, Majene, Wonomulyo, Polewali, Kalukku dan Campalagian III MMI. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami. Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tambahnya.(*)


BACA JUGA