BPBD Kota Makassar menerahkan bantuan stimulan kepada korban bencana di Kecamatan Tamalanrea, Senin (18/2/2019)

BPBD Makassar Kembali Salurkan Bantuan Stimulan untuk Korban Bencana

Senin, 18 Februari 2019 | 19:05 Wita - Editor: Irwan Idris - Fotografer: Indra Abriyanto - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar memberikan bantuan stimulan kepada korban yang rumahnya rusak terdampak bencana seperti kebakaran atau yang tertimpa pohon akibat angin kencang atau angin puting beliung.

Hal ini diungkapkan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar, Taufiek Rachman saat ditemui di kantor BPBD di Jalan Kerung-Kerung (Eks THR Makassar).

Menurut dia, bencana atau musibah yang terjadi di Makassar dalam dua bulan terakhir ini seperti banjir, kebakaran, angin puting beliung dan abrasi pantai mengakibatkan beberapa rumah rusak ringan atau rusak.

“Pemkot Makassar melalui BPBD menyiapkan bantuan yang sifatnya stimulan. Bantuan ini biasanya untuk membantu warga membangun kembali rumahanya rusak akibat terdampak bencana atau musibah” ungkapnya.

Lanjut dia, bantuan diserahkan setelah tim assesmen BPBD dibantu pihak kelurahan melakukan proses identifikasi dampak bencana.

“Tim dari BPBD akan mengidentifikasi dampak dan menghitung komponen yang rusak. Karena bantuan sifatnya stimulan, bantuan yang diberikan juga jumlahnya terbatas” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD, Maharuddin mengatakan, bantuan stimulan yang disiapkan berupa balok, seng dan paku.

“Tadi siang, BPBD kembali menyerahkan bantuan stimulan kepada korban yang rumahnya rusak akibat terdampak bencana” ungkapnya.

Bantuan diserahkan langsung kepada warga yang rumahnya tertimpa pohon tumbang di Jalan Borongjatia RT 004 RW 004 Kelurahan Bira Kecamatan Tamalanrea, Senin (18/02/2019).

“Pohon tumbang yang terjadi Selasa (22/01) mengakibatkan dua rumah rusak berat. Rumah dihuni dua kepala keluarga yang terdiri dari 10 jiwa” katanya.

Mahar berharap, bantuan ini bisa membantu dan meringankan beban warga yang rumahnya rusak akibat terdampak bencana.

“Semoga ini bisa membantu warga merekonstruksi atau memperbaiki rumah yang rusak” harapnya saat ditemui di halaman kantor BPBD Kota Makassar.(*)


BACA JUGA