Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan (Sumber foto: Instagram)

Berkunjung ke Wisata Kincir Angin di Sidrap, Bak Liburan ke Belanda

Sabtu, 23 Februari 2019 | 19:49 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Nurfadillah Amir - Gosulsel.com

SIDRAP, GOSULSEL.COM — Salah satu lokasi wisata yang tergolong masih baru di Sulawesi Selatan, kini sudah banyak dikunjungi wisatawan. Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Sidrap menjadi salah satu tempat wisata baru yang memamerkan kincir angin raksasa.

Berlokasi di Desa Mattirotasi, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan (Sulsel), kincir angin tersebut juga kerap dikunjungi oleh wisatawan asing.

pt-vale-indonesia

Untuk mengunjungi tempat tersebut, jarak yang ditempuh dari pusat Kota Makassar sekitar 170 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 3 jam 30 menit. Odon, salah seorang pengunjung berbagi pengalamannya saat mengunjungi tempat wisata tersebut.

“Waktu saya ke Sidrap sama teman-teman, saya singgah di sana. Eehhh ternyata banyak orang yang masuk. Ternayata tempat itu sudah jadi tempat wisata,” tuturnya dengan penuh senyum.

Diungkapkannya, berada di tempat wisata tersebut bagaikan berada di negara pusat kincir angin, Belanda. “Saya kira sudah di Belanda, padahal masih di Sidrap,” ucapnya dengan takjub kepada Gosulsel.com pada Sabtu (23/2/2019).

Berdasarkan pengakuan teman-temannya, perjalanan dari Makassar menuju Sidrap akan ditemani dengan pemandangan sawah yang menghampar, dan juga bibir pantai. Jalanan dengan kontur yang berliku mulai dirasakan saat akan memasuki kawasan PLTB tersebut.

“Cantik memang pemandangan sepanjang jalan apalagi waktu kita sudah lihat kincir angin,” katanya.

Mahasiswa asal Universitas Negeri Makassar (UNM) ini merasa menikmati pemandangan alam yang ada di PLTB Sidrap, apalagi dengan kincir angin raksasa yang sangat indah jika digunakan sebagai objek foto.

“Cantik foto-foto di situ, apalagi kalau banyakan ki,” tutupnya.

Pengunjung yang sedang mengabadikan momen di Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan

Untuk diketahui, PLTB Sidrap merupakan pembangkit listrik tenaga angin pertama dan terbesar di Indonesia yang memanfaatkan lahan kurang lebih 100 hektar. Sejak awal 2018 lalu, PLTB ini telah diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo.(*)

Reporter: Nurfadilahamir Amal/Gosulsel.com


BACA JUGA