Puluhan ASN Bulukumba Tingkatkan Pengetahuan Menggunakan Aplikasi SIPKA Berbasis Teknologi, Selasa (12/3/2019)
#

Puluhan ASN Bulukumba Tingkatkan Pengetahuan Menggunakan Aplikasi SIPKA Berbasis Teknologi

Selasa, 12 Maret 2019 | 19:56 Wita - Editor: Irwan Idris - Kontributor: Asmaun - Gosulsel.com

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM — Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bulukumba bekerjasama P3KMP LAN RI Makassar menggelar sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2019 tentang Manajemen Aparatur Sipil Negara terkait Implementasi Sistem Pengembangan Kompetensi Aparatur (SIPKA), Selasa (12/3/2019) di ruang pola Kantor Bupati.

Kepala BKPSDM Bulukumba, Andi Ade Ariadi mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman ASN dalam menggunakan Aplikasi SIPKA berbasis Teknologi.

pt-vale-indonesia

“Sasarannya mewujudkan ASN memiliki kompetensi dalam transfer of knowledge, baik kebijakan pengembangan kompetensi maupun proses penyusunan analisis kebutuhan pengembangan kompetensi ASN di setiap instansi melalui SIPKA,” terang Andi Ade.

Dikatakan, materi pelajaran dalam kegiatan sosialisasi ini dalam bentuk pemaparan materi SIPKA, kemudian praktek aplikasi SIPKA dan juga diskusi. Pesertanya sekitar 60 orang berasal dari seluruh Kasubag Umum dan Kepegawaian atau yang membidangi kepegawaian di setiap OPD, termasuk seluruh kecamatan.

Saat membuka acara tersebut, Bupati Bulukumba, AM Sukri Sappewali, mengatakan, UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN menegaskan ASN memiliki tanggung jawab cukup berat. Mereka harus mampu menjalankan tugas pelayanan publik, tugas pemerintahan dan tugas pembangunan.

“Masih banyak program pengembangan pegawai yang belum berbasis pada kompetensi dan analisis kebutuhan aktual pegawai dan organisasi. Diharapkan melalui aplikasi SIPKA, bakat dan kompetensi seluruh ASN sudah terintegrasi dan dapat termonitor secara nasional,” jelas Bupati.

Untuk itu, Bupati berharap para  penanggungjawab SIPKA dari setiap OPD mampu memahami dan melaksanakan fungsi manajemen pengembangan SDM ASN ini melalui pengelolaan aplikasi SIPKA.(*)


BACA JUGA